Pengertian Stratifikasi

Pengertian Stratifikasi - Stratifikasi atau pelapisan tajuk merupakan susunan tetumbuhan secara vertikal di dalam suatu komunitas tumbuhan atau ekosistem hutan. Pada tipe ekosistem hutan hujan tropis, stratifikasi itu terkenal dan lengkap (Vickery, 1984). Tiap lapisan dalam stratifikasi itu disebut stratum atau strata. Stratifikasi terjadi karena dua hal penting yang dimiliki atau dialami oleh tetumbuhan dalam persekutuan hidupnya dengan tetumbuhan lainnya, yaitu sebagai berikut.

Peranan stratifikasi tajuk dalam perlindungan tata air serta pencegahan erosi dan banjir

Lapisan tajuk vegetasi

  1. Akibat perssaingan antartumbuhan. Pada umumnya di dalam suatu masyarakat hutan terjadi persaingan antarspesies pohon yang ada. Akibat persaingan tersebut muncullah spesies pohon yang mampu bersaing, memiliki pertumbuhan kuat, dan menjadi spesies yang dominan atau lebih berkuasa dibandingkan spesies lainnya. Bagi pohon-pohon yang tinggi akan menjadi pohon pemenang dan menguasai pohon-pohon lain yang lebih reendah. Pohon-pohon yang dominan akan mencirikan masyarakat hutan yang bersangkutan. Suatu contoh pada hutan hujan tropis (tripical rain forest) di Kalimantan dan Sumatera terdapat spesies pohon Shorea spp. yang mendominasi hutan dan menyusun stratum paling atas (stratum A) dari hutan tersebut.
  2. Akibat sifat toleransi spesies pohon terhadap intensitas radiasi matahari. Spesies-spesies pohon yang intoleran mendapatkan kesempatan ruang tumbuh dengan cepat, tinggi pohonya mencapai posisi paling atas. Tetapi pohon intoleran yang ternaungi oleh pohon lainnya, maka pertumbuhannyaa akan terlambat dan kemungkinan besar tidak bertahan hidup pada hutan-hutan yang sangat lebat dan akhirnya mati. Sebaliknya, pohon yang bersifat toleran terhadap naungan sudah pasti pohon ini akan tumbuh dengan baik jika mendapat naungan dari pohon-pohon lain yang lebih tinggi, bahkan pohon toleran dalam suatu komunitas tumbuhan perlu berdampingan dengan pohon lain sebagai penaung agar pertumbuhannya optimal. Dengan demikian, secara otomatis sifat toleransi itu akan menciptakan stratifikasi tajuk dalam hutan.
Sebagaimana telah dikemukakan bahwa pada hutan tropis terdapat pepohonan yang tumbuh membentuk beberapa stratum tajuk. Stratifikasi yang terdapat pada hutan hujan tropis dapat di bagi menjadi lima stratum berurutan dari atas ke bawah yaitu stratum A, stratum B, stratum C, stratum D, dan stratum E (Arief, 1994; Ewusie, 1990; Soerianegara dan indrawan, 1982). 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.03

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Stratifikasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top