Turbin Uap

Turbin Uap - Turbin uap adalah suatu penggerak mula yang mengubah energi potensial uap menjadi energi kinetik dan energi kinetik ini selanjutnya di ubah menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran poros turbin. Poros turbin, langsung atau dengan bantuan roda gigi reduksi, dihubungkan dengan mekanisme yang di gerakkan. Tergantung pada jenis mekanisme yang di gerakkan, turbin uao dapat di gunakan pada berbagai bidang industri, untuk pembangkit tenaga listrik, dan untuk transportasi.

Pengubahan energi potensial uap menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran poros di lakukan dengan berbagai cara. Turbin uap secara umum di klasifikasikan ke dalam tiga jenis: impuls, reaksi, dan gabungan (impuls reaksi), yang tergantung pada cara perolehan pengubahan energi potensial menjadi energi kinetik semburan uap.

Gambar Turbin Uap
Ide turbin uap ini sudah lama. Sudah umum di ketahui bahwa kira-kira tahun 120 S.M. Hero di Alexandria membuat prototip turbin yang pertama yang bekerja berdasarkan prinsip reaksi. Alat ini menjelma menjadi instalasi tenaga uap yang primitif terdiri dari sumber kalor, bejana, yang di isi oleh air, penampang berbentuk bola dengan pipa menyembur. Akibakalor, air yang vertikal(tegak lurus) dan pipa-pipa mendatar 9aksel) yang di masukkan kedalam penampang yang berbentuk bola tadi. Dengan kenaikan tekanan, yang ada dalam penampung berbentuk bols itu di keluarkan ke atmosfer itu melalui nosel.
Sembuiran uap yang keluar dari nosel ini akan menyebabkan terjadinya gaya reaksi pada nosel itu sendiri dan memaksa bola itu berputar pada sumbuh mendatarnya. Pada tahun 1806-1813, di pabrik suzunsky di Altai, seorang berkebangsaan  Rusia. Polikarp Zalezov, membuat sejumlah turbin uap (steam). Pada tahun tiga puluh abad ke-19, pekerja Nizhny Tagil membuat sebuah turbin yang sekali pun demikian, tidak dapat dalam industri.Kemajuan yang besar pada pengembangan dan konstruksi turbin uap pada akhir abad ke-19. Pada tahun 1890, ahli Teknik berkebangsaan Swedia, Gustaf'de laval membuat sebuah turbin uap cakram tunggal dengan kapasitas 5 dk, dengan poros pleksibel dan cakram dengan kekuatannya sama.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.06

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Turbin Uap yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top