Senin, 05 Januari 2015

Pengertian Pemantulan

| Senin, 05 Januari 2015
Pengertian Pemantulan - Pemantulan merupakan salah satu sifat yang dimiliki gelombang. Jikan gelombang melalui suatu rintangan atau hambatan, seperti benda padat, maka gelombang tersebut akan mengalami pemantulan atau akan terpantul. Bila gelombang datang pada suatu permukaan batas yang memisahkan dua daerah dengan laju gelombang yang berbeda, maka sebagian gelombang akan dipantulkan (refleksi) dan sebagian lain akan ditransmisikan. Berkas yang terpantul membentuk sudut dengan garis normal dipermukaan yang besarnya sama dengan sudut berkas datang yang berlaku untuk semua gelombang.

Berkas gelombang dan gelombang pantul


Proses perjalanan pulsa gelombang menuju ujung
tali terikat yang kemudian dipantulkan

Pemantulan pada tali dan ujung tali. Ketika gelombang berjalan mencapai ujung, beberapa atau semua gelombang akan dipantulkan atau dibalikkan maka terjadi pembalikan fase. Gelombang tersebut akan memantul sebagian atau seluruhnya dengan amplitudo yang tetap namun hanya berbalik arah, hal tersebut terjadi karena pada saat gelombang mencapai ujung tali, tali menghasilkan gaya aksi yang arahnya ke kanan dan ke atas pada dinding atau balok tempat ikatan tali.

Berdasarkan hukum III Newton, gaya aksi tersebut akan menyebabkan timbulnya gaya reaksi yang sama besarnya namun berlawanan arah. Akibatnya gelombang pantulan yang terjaadi pun memiliki arah sesuai dengan gaya reaksi.

Tentu saja  gelombang tali tersebut akan terpantulkan, hanya saja bentuk gelombang apntulnya tidak sama dengan pada ujung terikat, bentuk gelombang pantunya tidak berbalik arah akan tetapi sama dengan arah gelombang datangnya. Misdalnya jika gelombang datang dari kiri menumbuk tiang dengan puncak gelombang, maka gelombang pantulnya akan mengarah ke kiri dengan puncak gelombang juga. Hal tersebut terjadi karena ujung tali tidak memberikan gaya aksi yang arahnya ke atas pada tiang. Melainkan ujung tali ikut bergerak ke atas karena terikat bebas atau longgar. Akibatnya, meskipun gelombang tali menghasilkan gelombang pantul, akan tetapi bentuknya tidak terbalik.

Pemantulan gelombang pada ujung bebas tidak mengalami perubahan bentuk atau fase. Pemantulan gelombang adalah pembalikan arah rambat gelombang karena membentur suatu medium atau pembatas. Salah satu gelombang yang mudah diamati adalah gelombang permukaan air pada tangki riak.

Dasar tangki riak terbuat dari bahan kaca. Tepi-tepi tangki dilapisi karet busa atau logam berlubag untuk menjaga pemantulan gelombang dari samping agar tidak mengaburkan pola-pola gelombang yang terbentuk pada layar. Sebuah motor yang diletakkan di atas batang penggetar akan menggetarkan batang penggetar. Pada batang penggetar ditempelkan pembangkit gelombang.

Related Posts

1 komentar:

  1. mas boleh mintak tolong gak
    mas bantuin nyari soal tentang refleksi dan trasmisi berisi tentang gaya osilasi daya dan gaya refleksi gelombang

    BalasHapus