Pengertian Mikroskop

Pengertian Mikroskop - Mikroskop adalah alat yang mampu melakukan pembesaran hingga ratusan kali, yang digunakan untuk mengamati benda-benda renik atau mikro seperti virus dan bakteri. Bayangan akhir yang dibentuk oleh mikroskop bersifat diperbesar, maya dan terbalik. Pembesaran anguler sebuah lup sesuai dengan persamaan ternyata memiliki batas maksimum. Jika f di perkecil terus untuk memperoleh perbesaran anguler, yang lebih besar akan terjadi cacat bayangan sehingga bayangan menjadi kabur. Bayangan hanya tampak jelas apabila perbesaran anguler tidak lebih dari 20 kali. Padahal untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil sering sekali dibutuhkan perbesaran hingga ratusan kali. Untuk itu digunakan alat yang dinamaakan mikroskop.

Mikroskop (bahasa Yunani: micron = kecil dan scopos = tujuan) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.Mikroskop awalnya dibuat tahun 1590 oleh Zaccharias Janssen dan Hans, seorang tukang kacamata dari Belanda. Selanjutnya padatahun 1610, Galileo, ahli fisika modern dan astronomi menggunakan mikroskop untuk mengamati gejala alam. Beberapa tahun kemudian Antonie van Leuwenhoek dari Belanda membuat mikroskop dengan satu lensa yang dapat membesarkan objek yang diamati sampai 300 kali. Tahun 1663 Robert Hooke, ilmuwan Inggris meneliti serangga dan tumbuhan dengan mikroskop. Ia menemukan sel-sel kecil pada gabus.

Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya

Mikroskop

Bagian kegiatan pengamatan juga terdiri atas 2 kelompok yang bekerja seperti mikroskop diseksi yang berguna untuk mengamati bagian permukaan sel, dan mikroskop monokuler dan binokuler  sebagai mengamati isi bagian dalam sel tersebut. Monokuler itu sendiri memiliki 1 lensa okuler  yang dimiliki, sedangkan Binokuler memiliki 2 lensa okuler . Sedangkan kerumitan bagian pengamatan memiliki 2 golongan yaitu seperti Miksoskop sederhana (alat yang di gunakan oleh pelajar dan Mikroskop riset (dilakukan oleh para peniliti).

 Bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu bagian optik dan bagian mekanik Bagian optik mikroskop terdiri dari:
  • Lensa okuler: Lensa okuler adalah lensa paling atas dari bagian mikroskop. Lensa okuler mikroskop berfungsi memperbesar bayangan objek. Bayangan yang dihasilkan lensa ini adalah tegak, maya, dan diperbesar.
  • Lensa objektif: Lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan objek yang akan diamati. Bayangan objek yang dihasilkan adalah terbalik, nyata, dan diperbesar. Pada umumnya, kekuatan lensa objektif adalah 4x, 10x, 25x, 40x, dan 100x.
  • Diafragma: Diafragma adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk.
  • Reflektor: Reflektor terdiri atas cermin datar dan cekung yang berfungsi untuk mengarahkan pantulan cahaya yang masuk atau mengenai lensa objek.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 15.12

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Mikroskop yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top