Pengertian Mineral

Pengertian Mineral - Pengertian mineral merupakan substansi anorganik dan pda umumnya ditemukan dalam bentuk ion. Mineral diperlukan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, seperti menjaga keseimbangan asam-basa dan pembentukan struktur tubuh.

Mineral

Mineral

Unsur-unsur mineral dibagi menjadi dua golongan yaitu unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro (makroelemen) yaitu unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, misalnya natrium, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, klor, dan belerang. Unsur mikro (mikroelemen) yaitu unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, misalnya mangan, seng, tembaga, kobalt, kromium, dan mobildenum.

 Mineral merupakan zat gizi yang diperlukan manusia dalam mendukung proses tumbuh dan berkembang dalam jumlah yang kecil atau sedikit. Mineral memiliki komposisi unsur murni dan garam sederhana yang begitu kompleks dengan berbagai macam bentuk yang kadang sampai ribuan bentuk. Dalam mendefinisikan arti mineral ini banyak, mengapa ?.. tergantung dari mana kita memandang pengertian mineral itu, apakah dari ilmu farmasi atau ilmu geologi. Pengertian mineral menurut ilmu geologi adalah benda atau zat yang dibentuk melalui proses dari alam yang umumnya bersifat padat dan tersusun dari kandungan-kandungan kimia dan sifat-sifat tertentu juga. Ilmu yang mempelajari seputar mineral adalah miteralogi
 
Selain itu banyak resep obat juga merugikan penyerapan mineral. Komponen serat, seperti asam fitat (fitat) dan oksalat asam (oksalat), dapat membatasi penyerapan beberapa mineral dengan cara mengikat mineraltersebut sehingga tidak bisa diserap. Misalnya bayam yang mengandung banyak kalsium, tetapi hanya sekitar 5% kalsium yang dapat diserap dibandingkan dengan bioavailabilitas kalsium pada makanan lain yang mencapai 5%. Hal tersebut disebabkan konsentrasi tinggi asam oksalat dalam bayam tersebut. Selain itu, asupan tinggi serat yang memelbih rekomendasi yaitu 25 g (wanita dewasa) dan 38 g (laki-laki dewasa) per hari-dapat mengurangi penyerapan zat besi, zinc, dan mineral lainnya.

Banyak mineral, seperti magnesium, kalsium, besi, dan tembaga memiliki ukuran dan muatan listrik yang sama sehingga mengakibatkan terjadinya kompetisi atau persaingan satu sama lain untuk penyerapan. Selain itu, kelebihan satu mineral menurun penyerapan dan metabolisme mineral lainnya. Misalnya, asupan zinc berlebih menurunkan penyerapan tembaga.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.16

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Mineral yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top