Pengertian Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Pengertian Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi - Hipertensi atau pada masyarakat awam dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat, diperkirakan mempunyai tekanan darah tinggi. Angka 140 dikenal sebagai sistolik, dan angka 90 dikenal sebagai diastolik.
Hipertensi

Pengertian Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Tekanan darah yang terlalu tinggi adalah salah satu faktor resiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis. Meskipun telah banyak perkembangan dalam metode pencegahan, deteksi, pengobatan dan kontrol tekanan darah tinggi, hipertensi tetap merupakan masalah yang sangat penting bagi kesehatan masyarakat.

Pada anak-anak, definisi hipertensi yaitu apabila tekanan darah lebih dari 95 persentil dilihat dari umur, jenis kelamin, dan tinggi badan yang diukur sekurang-kurangnya tiga kali pada pengukuran yang terpisah.

Berdasarkan survei pemeriksaan kesehatan dan nutrisi National Health and Nutrition Examination Survey III (NHANES III), kira-kira 43 juta masyarakat sipil Amerika usia 18 tahun atau lebih, telah terdiagnosis mengalami hipertensi. Dari sekitar 43 juta penderita hipertensi, 20 juta diantaranya tidak diobati dengan obat antihipertensi.

Risiko seseorang untuk mendapatkan hipertensi dapat dikurangi dengan cara:
  1. Memeriksa tekanan darah secara teratur
  2. Menjaga berat badan dengan rentang normal
  3. Mengatur pola makan antara lain dengan mengkonsumsi makanan berserat, rendah lemak dan mengurangi garam
  4. Menghentikan kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol
  5. Tidur secara teratur
  6. Mengurangi stres dengan melakukan rekresi


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.22

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top