Pengertian Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha - Badan usaha sering disebut dengan istilah perusahaan, adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
Pengertian Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha
Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sarana atau alat manajemen. Alat manajemen dapat dikelompokkan ke dalam 6M, yaitu sebagai berikut.

  1. Men (manusia). Manusia merupakan faktor utama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manusia tidak hanya berperan sebagai faktor produksi diperusahaan, tetapi juga berperan sebagai konsumen dari barang hanya sebagai faktor produksi, tetapi sudah dianggap sebagai mitra perusahaan sehingga harus dikelola dengan sebaik-baiknya.
  2. Money (uang). Dalam perekonomian modern uang berfungsi sebagai alat transaksi. Oleh karena itu, untuk melakukan berbagai kegiatan perusahaan diperlukan uang. Uang digunakan untuk membayar upah/gaji, membeli bahan baku, peralatan, mesin, dan lain-lain. Dikarenakan sifatnya yang terbatas (limited) sehingga uang harus dikelola dengan baik dan cermat.
  3. Materials (material). Material atau bahan-bahan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi, sebab bahan-bahan merupakan faktor pendukung utama dalam produksi utama dalam proses produksi. Dalam hal ini, yang termasuk material antara lain bahan baku, bahan pembantu, tanah untuk proses produksi.
  4. Machines (mesin). Dalam era teknologi sekarang ini, penggunaan alat dan mesin sangat penting dalam proses pelaksanaan kegiatan perusahaan. Alat dan mesin sangat penting dalam proses produksi dapat berjalan dengan lebih cepat dan lancar.
  5. Menthods (metode). Agar suatu kegiatan lebih berdaya guna dan berhasil guna, manusia dihadapkan pada berbagai alternatif metode atau cara untuk melakukan pekerjaan. Masing-masing cara memiliki karakteristik hasil yang berbeda. Pemilihan cara yang tepat memungkinkan proses produksi berjalan lebih efektif dan efesie. Oleh karena itu, metode dianggap pula sebagai sarana atau alat untuk mencapai tujuan.
  6. Markets (pasar). Bagi perusahaan, pasar merupakan sarana manajemen yang penting. Tanpa adanya pasar bagi hasil produksinya, tujuan perusahaan tidak mungkin dapat tercapai.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.48

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Badan Usaha yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top