Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi - Sosialisasi adalah proses sosial, di mana seseorang mengenal dan menghayati tata nilai, norma, dan pranata yang berlaku dalam masyarakat.

Pengertian Sosialisasi


Dalam proses sosialisasi seseorang akan melakukan komunikasi, interaksi, dan berhadapan dengan seperangkat nilai, norma, dan sanksi sosial. Dengan cara ini seseorang akan melaksanakan peran sosialnya sesuai harapan kelompok, lingkungan maupun masyarakat luas. Sosialisasi dimulai dari keluarga sendiri kemudian meluas ke tetangga, teman sebaya, sekolah, masyarakat lingkungan, lingkungan kerja, dan masyarakat luas.

Dalam pembentukan peran dan status sosial dibutuhkan cara dan metode yang betul untuk mengarahkan tujuan sosialisasi. Tujuan dan fungsi sosialisasi, yaitu sebagai berikut.
a. Membekali seseorang dengan seperangkat nilai dan norma agar mempunyai sikap dan perilaku sesuai dengan harapan masyarakat.
b. Memberi latihan seseorang agar memiliki berbagai keterampilan yang dibutuhkan guna berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan.
c. Mengembangkan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan lingkungan.
d. Mencegah seseorang agar mampu mengendalikan sikap dan perilaku tidak menyimpang dari tata nilai dan norma-norma sosial.

Dengan demikian akan dipatuhi oleh masyarakat dan tidak kena sanksi.

Proses sosialisasi dapat terjadi dari berbagai media, seperti: sosialisasi dari keluarga, teman sepermainan, sekolah, lingkungan kerja, dan media massa.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.49

Ditulis Oleh : Budi OryzaSativa ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sosialisasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top