Minggu, 18 Oktober 2015

Pengertian OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries)

| Minggu, 18 Oktober 2015
Pengertian OPEC (Organization of Petroleum ExportingCountries) - OPEC adalah organisasi Negara-negara pengekspor minyak. OPEC didirikan atas prakarsa lima Negara produsen terbesar minyak dunia, yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela, pada pertemuan tanggal 14 September 1960 di Baghdad, Irak. OPEC berkedudukan di Wina, Australia.
Anggota-Anggota OPEC

Negara-Negara Anggota OPEC
OPEC mempunyai beberapa tujuan berikut ini.
a. Menyatukan kebijakan perminyakan antara Negara-negara anggota.
b. Memenuhi kebutuhan dunia akan minyak bumi.
C. Mestabilkan harga minyak dunia.
d. Menentukan kebijakan-kebijakan untuk menlindungi Negara-negara anggota.

OPEC berupaya menstabilkan harga minyak dipasar internasional dan menjamin kesinambungan pasokan minyak kepada Negara-negara konsumen. Salah satu cara untuk menjaga stabilitas pasar minyak internasional adalah melalui penentuan kuota (batas tertinggi) produksi minyak berdasarkan kesepakatan Negara anggota. 

Misalnya, apabila permintaan minyak dunia meningkat atau salah satu Negara anggota OPEC mengurangi produksinya, maka Negara anggota OPEC lain dapat secara sukarela meningkatkan produksi minyaknya untuk menghindari lonjakan harga yang tidak terkendali.

Dalam perdagangan internasional, OPEC menguasai 55% minyak bumi. Karena itu OPEC memegang peranan penting dalam masalah perminyakan internasional., terutama dalam hal menaikkan dan menurunkan tingkat produksinya. Di samping itu OPEC juga terlibat aktif dalam usaha peningkatan perdagangan internasional serta konservatif lingkungan. Negara-negara anggota OPEC antara lain Arab Saudi, Irak, Iran, Kuwait, Venezuela, Nigeria, Uni Emirat Arab, Qatar, Alberia, Indonesia, Aljazair, dan Lybia.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar