Pengertian Fosfor

Pengertian Fosfor - Fosfor merupakan bagian penting dari protoplasma. Unsur tersebut biasanya diserap tanaman dalam bentuk H2PO4, HPO42, dan PO43. Unsur fosfor merupakan salah satu unsur utama dalam pupuk komersial, sehingga industri pupuk fosfat sangat berperang dalam menjalankan siklus fosfor karena bahan baku pupuk fosfat adalah batuan-batuan fosfat yang tersedia di alam.
Daur Fosfor

Siklus Fosfor

Secara alami, keberadaan fosfor di alam berasal dari pelapukan batuan mineral atau batuan fosfat, sebagian lagi berasal dari pelapukan bahaan organik. Namun demikian pada kondisi alami, fosfor yang tersedia bagi organisme khususnya yang dapat di manfaatkan oleh tumbuhan jauh lebih rendah dari pada nitrogen. Rasio fosfor terhadap nitrogen dalam air dalam. Sehingga fosfor sering menjadi faktor pembatas dari pertumbuhan tetumbuhan dan organisme lainnya.

Selain batuan-batuan fosfat, terdapat juga defosit-defosit fosfat dalam jumlah banyak yang bersumber dari kotoran maupun tulang-tulang hewan, misalnya ikan laut dan burung-burung merupakan hewan yang bertanggung jawab terhadap terbentuknya deposit fosfat(Gopal dan Bhardwaj, 1979). Meskipun sumber fosfor di alam cukup banyak, akan tetapi tertumbuhan masih dapat mengalami kekurangan fosfor karena sebagian besar fosfor terikat secara kimia oleh unsur lainnya dan sukar larut dalam air, sehingga diperkirakan hanya 1% fosfor yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Inilah alasannya pemberian pupuk fosfak dalam sistem tanah pertanian dilakukan agar unsur fosfor tidak menjadi faktor pembatas dari pertumbuhan tanaman. Pada cara penggunaan puput fosfat seperti tersebut berarti terjadi pengembalian fosfor ke alam dan kegiatan itu merupakan bagian dan siklus fosfor

Mengingat fosfor sebagai salah satu unsur yang dimanfaatkan oleh tetumbuhan, maka keberadaan hutan menjadi bagian penting dari mata rantai dalam siklus fosfor. Fosfor terdapat dalam sel tumbuhan yang fungsi antara lain membentuk asam nuleat, menyimpan, dan memindahkan energi. Adenosin Tri Fosfat dan Adenosin Di Fosfat, merangsang pembelahan sel, membantu proses asimilasi, dan aspirasi. Oleh karena itu, komunitas tumbuhan hutan akan menjadi salah satu gudang fosfor dalam bentuk fosfor organik. Siklus fosfor di alam (diadaptasi dari Gopal dan Bhardwaj, 1979).

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 15.07

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Fosfor yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top