Jumat, 06 Mei 2016

Pengertian Ensiklopedi

| Jumat, 06 Mei 2016
Pengertian Ensiklopedi - Salah satu koleksi referensi yang banyak dipergunakan pemakai ensiklopedi. Jenis karya ini merupakan karya universal, menyeluruh yang berisi uraian ringkas tentang berbagai cabang ilmu atau bidang ilmu pengetahuan. Entri-entrinya disusun secara alfabetis seperti pada kamus dan uraiannya dalam bentuk artikel-artikel yang terpisah.
Pengertian Ensiklopedi

Pengertian Ensiklopedi
Kata ensiklopedi dalam bahasa Inggris "Encyclopedia" yang sering ditulis dengan Encyclopedia, Cyclopedia. Cyclopedia" berarti pendidikan umum. Kata "Encyclopedia" berasal dari bahasa Yunani Kuno "Encyklos" yang berarti umum dan dari kata "Paedia" yang berarti pendidikan.

Memang pada mulanya ensiklopedi berarti pelajaran atau petunjuk dalam lingkungan seni dan ilmu pengetahuan. Pengertian ini berlaku sampai sekarang. Sebab ensiklopedi merupakan wadah untuk mengumpulkan bermacam-macam ilmu pengetahuan.

Ada pula yang memberikan pengertian ensiklopedi sebagai ringkasan yang sistematis tentang berbagai informasi yang diperlukan oleh manusia. Karya yang berisi informasi subjek dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan ini biasanya disusun alfabetis. Akan tetapi ada pula ensiklopedi yang terbatas pada subjek tertentu.

Koleksi ini memiliki banyak ragam. Ada yang memuat artikel panjang lebar, ada yang artikelnya ringkas dengan menampilkan subjek umum disertai indeks. Sedangkan ragam lain yakni dengan menyajikan banyak artikel di bawah topik kecil dan menggunakan penunjuk silang (cross reference). Cross reference ini memberikan bimbingan kepada pembaca agar membaca subjek yang berkaitan.

Mengingat cakupannya yang sangat luas itu, maka esnsiklopedi disusun oleh beberapa ahli. Mereka bekerja tahun sesuai dengan bidang keahlian masing-masing di bawah pengawasan beberapa editor dan dikoordinasikan oleh pimpinan editor (chief editor).

Sering pula pada setiap artikel ditulis nama penulis sebagai raasa tanggung jawab terhadap tulisan itu. Disamping itu tidak sedikit ensiklopedi yang menyertakan daftar bacaan yang dianjurkan dan dicantumkan pada akhir artikel atau bagian akhir ensiklopedi.

Karya yang dipersiapkan untuk mampu menjawab berbagai persoalan itu tidak mungkin direvisi tiap tahun. Sedangkan dari segi lain, ensiklopedi dituntut untuk menampilkan sesuatu yang lebih baru, lebih lengkap dan lebih akurat. Oleh karena itu hampir sebagian besar ensiklopedi mencanangkan program revisi berkesinambungan (continous revision). Program ini antara lain dengan cara menerbitkan terbitan tambahan tahunan (annual), supplement, buku tahunan (year book) serta lembaran-lembaran lepas berisi tambahan, perbaikan artikel-artikel yang pernah di muat. Ini untuk menjaga kekinian (up to deteness) suatu ensiklopedi.

Untuk mempermudah pencarian topik-topik dalam ensiklopedi biasanya dilengkapi dengan indeks, yang dicantumkan pada tiap akhir bagian, jilik ensiklopedi. Akan tetapi ada pula yang ditulis pada bagian, jilid terakhir ensiklopedi itu sebab satu set ensiklopedi bisa terdiri dari puluhan jilid atau volume.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar