Rabu, 09 November 2016

Pengertian Penilaian Formatif

| Rabu, 09 November 2016
Pengertian Penilaian Formatif - Penilaian formatif dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar peserta didik selama proses belajar berlangsung, untuk memberikan feed back bagi penyempurnaan program pembelajaran, serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang memerlukan perbaikan, sehingga hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran guru menjadi lebih baik. Soal-soal penilaian formatif ada yang mudah dan ada pula yang sukar, bergantung pada tugas-tugas belajar (Learning tasks) dalam program pembelajaran yang akan dinilai.

Pengertian Penilaian Formatif


Tujuan utama penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pemnbelajaran, bukan untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik. Penilaian formatif sesungguhnya merupakan penilaian acuan patokan.

Karakteristik Penilaian Formatif

1.  Penilaian bersifat membangun Identifikasi objektif baru dan cara maju ke depan.
2.  Sering  dan informal.
3.  Memberikan petunjuk apa yang siswa dan guru harus lakukan kali berikutnya untuk menjadi lebih 
bermakna.
4.  Memberikan masukan bagi guru dan siswa atas kinerja, kekuatan dan kelemahan mereka saat ini sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.
5.  Bagian integral dari proses belajar mengajar sehari-hari.
6.  Dirancang untuk positif, suportif, bermanfaat, serta memotivasi guru dan siswa.
7.  Dapat dikerjakan melalui proses negosiasi, diskusi, dan perjanjian antara guru dan siswa.
8.  Kadang disebut diagnostik karena menolong guru untuk memberikan diagnosa dibidang apa siswa membutuhkan bantuan tambahan.

Penilaian formatif memiliki sifat berkesinambungan dan mengidentifikasi objektif pembelajaran baru dan langkah ke depan untuk memenuhi objektif pembelajaran. Penilaian formatif sering kali disebut penilaian untuk pembelajaran atau penilaian edukatif, Karena digunakan untuk meningkatkan pembelajaran.

Sesuai dengan fungsi dan tujuan evaluasi formatif, maka evaluasi ini dilakukan untuk menilai hasil belajar jangka pendek dari suatu proses belajar mengajar atau pada akhir unit pelajaran yang singkat yaitu satuan pelajaran. Sebab perbaikan belajar mengajar itu hanya mungkin jika dilakukan secara sistematis dan bertahap.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar