Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi - Mungkin saat ini anda sering mendengar istilah Globalisasi, Namun apakah anda sudah paham betul apakah pengertian Globalisasi itu sendiri? Dalam kamus Longman Dictionary of Contemporary English, Globalisasi yang berasal dari kata global memiliki arti "concerning the whole earth" yakni segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan dunia internasional atau dengan seluruh alam semesta.

Pernyataan pertama tentang pengertian globalisasi adalah dutarakan oleh Emanuer Ritcher. Ia mengatakan bahwa globalisasi adalah sebuah jaringan kerja global yang menyatukan masyarakat yang sebeluimya berpencar serta terisolasi menjadi saling memiliki ketergantungan dan mewujudkan persatuan dunia. Di lain sisi, Leonor Briones mengatakan bahwa globalisasi merupakan demokrasi yang terjalin bukan hanya pada bidang perniagaan serta ekonomi, tetapi juga keglobalan pad intuisi demokratis, pembangun sosial, hak asasi manusia, serta pergerakan manusia. Sedangkan Joh Huckle lebih menganggap globalisasi sebagai sebuah prosess kejadian, keputusan, serta kegiatan di salah satu bagian dunia yang menjelma menjadi sebuah konsekuensi signifikan bagi seluruh masyarakat di daerah yang jauh.
Globalisasi
Sementara itu, pengertian globalisasi yang lebih komplek diutarakan oleh Princenton N. Lyman. Ia mengutarakan arti globalisasi sebagai pertumbuhan yang berlangsung begitu cepat dan memiliki ketergantungan antara negara-negara di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan. Apabila di tinjau dari sisi ekonomi, berarti proses pengintegrasian ekonomi beberapa bangsa kepada sebuah sistem ekonomi yang lebih global.

Maka dari pernyataan tentang pengertian globalisasi tersebut diketahui bahwa globalisasi merupakan sebuah perintegrasian manusia dengan semua aspek yang mengikutinya ke dalam sebuah kesatuan masyarakat yang lebih besar dan lebih utuh. Sekedar informasi tambahan juga, globalisasi sebenarnya juga di ketahui sebagai istilah lawas yang sudah merupakan suatu fenomena baru lagi karena prosesnya telah terjadi sejak beberapa silam, tepat pada akhir abad ke 19 hinggal awal abad ke 20.
Pada zaman sekarang ini orang sering menyebut dengan era atau zaman globalisasi. Istilah globalisasi berkaitan erat dengan globe. Globe adalah tiruan bola bumi. Sehubungan dengan hal tersebut akhirnya muncul istilah globalisasi. Globalisasi berasal dari kata global yang artinya meliputi seluruh dunia atau secara keseluruhan. Mwenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia globalisasi adalah proses massuknya keruang lingkup dunia. Dalamglobalisasi, peristiwa di satu negara akan mempengaruhi seluruh penjuru dunia. penyebab munculnya globalisasi adalah kemajuan dibidang komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi. Kemajuan ini mempermudah hubungan antarmanusia.

Contohnya setiap orang sekarang tidak perlu ke Eropa untuk menyaksikan sepakbola Piala Eropa, karena dapat menyaksikan siarang langsung dari televisi di rumah. Demikian juga jika ingin berbicara dengan temanmu di luar negeri, dapat menggunakan telepon tanpa harus jauh-jauh menemuinya. Dahulu orang berkomunikasi melalui telegram dan surat biasa yang memerlukan waktu lama. Sekarang dapat menggunakan internet yang lebih mudah dan cepat.Globalisasi juga ditandai dengan munculnya perusahaan asing yang beroperasi di dalam negeri. Perusahaan tersebut dikenal dengan perusahaan multinasional. Contoh perusahaan multinasional adalah Freeport dari Amerika Serikat dan British Petroleum dari Inggris, yakni perusahan asing yang bergerak di bidang perminyakan. Ada pula Mc. Donalds dan Pizza Hut yang bergerak dibidang makanan cepat saji. Berkembangnya globalisasi sampai saat ini sangat didukung oleh kemampuan dan perkembangan teknologi dan informasi.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.33

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Globalisasi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top