Pengertian Paru

Pengertian Paru - Paru adalahy salah satu organ pernafasan manusia. Paru terletak di rongga dada dan diatas diafragma, dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Paru berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara melalui proses pernafasan. Penjelasan sederhana dari cara kerja paru adalah bila kedua paru mengembang, maka itu berarti oksigen masuk ke paru dan bila kedua paru mengempis, maka itu berarti karbondioksida keluar dari paru. Secara khusus dikatakan paru adalah tempat tubuh mengambil darah bersih (kaya O2) dan tempat pencucian darah yang berasal dari seluruh tubuh (banyak mengandung CO2) dan tempat pencucian darah yang berasal dari seluruh tubuh (banyak mengandung CO2) sebelum ke jantung untuk kembali diedarkan ke seluruh tubuh.
Gambar paru manusia

Anatomi Paru Manusi

Cara kerja paru manusia sangat berhubungan erat dengan:

  • Hidung, merupakan saluran pernafasan paling awal dan terletak paling atas. terdapat 2 rongga pada hidung manusia yang dipisahkan oleh otot yang berfungsi sebagai sekat.
  • Laring, tersusun atas tulang rawan dan terdapat selaput suara yang akan bergetar saat kita mengeluarkan suara.
  • Trakea, memiliki saluran bercabang dua yang disebut bronkus dan berhubungan langsung dengan paru-paru. Dilapisi selaput lendir dan sel yang bersilia yang berfungsi untuk menahan debu masuk bersama udara supaya tidak terus masuk ke paru-paru.
  • Bronkus, menghubungkan trakea dengan paru. Paru kanan dan kiri masing-masing memiliki satu bronkus. Bronkus memiliki cabang yang di sebut bronkiolus dan terdapat di dalam paru.
Secara umum gangguan pada saluran napas dapat berupa sumbatan pada jalan napas (obstruksi) atau gangguan yang menyebabkan paru tidak dapat berkembang secara sempurna (restriktif), Misalnya, tumor yang besar di paru dapat menyebabkan sebagian paru dan/saluran napas kolaps, sedangkan tumor yang terdapat dalam saluran napas dapat menyebabkan sumbatan pada saluran napas. Tumor yang menekan dinding dada dapat menyebabkan kerusakan/destruksi tulang dinding dada dan menimbulkan nyeri. Cairan di rongga pleura yang sering ditemukan pada kanker paru juga mengganggu fungsi paru

Kanker paru berasal dari jaringan paru, biasanya dari lapisan sel disaluran udara. Kanker paru seperti halnya kanker yang lain, merupakan hasil dari pertumbuhan abnormal sel tubuh. Pada orang normal, pertumbuhan dan kematian sel diatur sedemikian rupa sehingga selalu dalam keadaan seimbang. Bila mekanisme ini terganggu maka sel akan tumbuh dengan tidak terkontrol, membesar, dan mendesak sel normal yang ada disekitarnya sehingga menimbulan benjolan. Kondisi ini yang kemudian dikenal dengan nama tumor, jika perkembagannya sangat cepat, maka disebut kanker.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.14

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Paru yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top