Pengertian Local Area Network (LAN)

Pengertian Local Area Network (LAN) - Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi (sharing) dalam area kerja tertentu. Area yang termasuk dalam lingkup LAN antara lain kantor, laboratorium, gedung, sekolah, universitas, dan lain-lain. Umumnya, jarak jaringan ini tidak lebih dari 1 km karena jika terlalu jauh maka transfer data atau informasinya menjadi lebih lambat.

LAN

Local Area Network

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pengkabelan jaringan wilayah lokal generasi awal berbasis pada berbagai variasi kabel koaksial. Kabel terpilin berpelindung digunakan pada penerapan jaringan lokal Token Ring IBM. Tahun 1984, StarLAN memamerkan potensi yang lebih sederhana dari kabel terpilin tanpa pelindung menggunakan kabel kategori 3 (Cat3) yang sama dengan kabel yang dipergunakan untuk sistem telepon. Sistem ini sukses memimpin pengembangan 10Base-T dan kabel tersusun masih menjadi dasar banyak jaringan lokal komersial saat ini. Sebagai tambahan, kabel serat optis semakin banyak dipergunakan dalam aplikasi komersial.

 Jaringan LAN biasanya terdiri atas:
  1. Server (komputer server): server dalam LAN adalah satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server secara umum adalah menyediakan media simpanan dan service-service lainnya sehingga komputer-komputer dalam jaringan bisa menggunakannya baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
  2. Client (komputer client): Client adalah komputer yang menggunakan sistem operasi client (misalnya Windows 7 atau 8) dan terhubung ke LAN. 
  3. Gateway: Gateway adalah peralatan dalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.03

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Local Area Network (LAN) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top