Pengertian Angin Pasat dan Anti Pasat

Pengertian Angin Pasat dan Anti Pasat - Angin pasat adalah angin yang mengalir di atas muka Bumi dari daerah subtropis menuju daerah tropis atau khatulistiwa, sedangkan angin anti pasat mengalir dari lapisan udara yang lebih atas dengan arah sebaliknya, yaitu dari wilayah tropis ke subtropis. Kedua angin pasat ini terjadi karena adanya pemanasan di khatulistiwa yang menimbulkan pemuaian ini membubung ke atas wilayah  khatulistiwa dan di lapisan atas mengakir secara mendatar ke wilayah subtropis. Inilah yang disebut angin anti pasat.
Pengertian Angin Pasat dan Anti Pasat

Angin Pasat dan Anti Pasat
Massa udara di daerah subtropik, disekitar lintang 20 derajat dan 30 derajat turun lagi secara vertikal sebagai angin kering disertai dengan kenaikan suhu. Angin kering menyerap uap air di udara dan permukaan daratan. Karena proses penyerapan inilah, di daerah subtropik terbentuk gurun-gurun. Daerah tempat turunnya massa udara itu merupakan wilayah tenang sehingga disebut teduh subtropik.

Di atas wilayah subtropik angin yang turun mengalir di atas muka bumi kembali ke daerah tropis karena daerah tropis bertekanan rendah. Ini lah disebut angin pasat. Oleh karena gaya Coriolis di belahan bumi utara angin pasat mengalir dari arah timur laut sehingga disebut angin pasat timur laut, sedangkan di belahan bumi selatan mengalir dari arah timur laut sehingga disebut angin pasat timur laut, sedangkan di belahan Bumi selatan mengalir dari arah tenggara sehingga disebut angin pasat tenggara.

Kedua angin pasat tersebut kemudian bertemu disekitar wilayah khatulistiwa. Wilayah khatulistiwa memiliki tingkat kepadatan atau kerapatan udara yang renggang. Hal itu karena suhu udaranya senantiasa tinggi sehingga massa udara dipaksa naik secara vertikal untuk kembali bergerak sebagai angin anti pasat. Demikian seterusnya berulang-ulang. Akibat kenaikan massa udara wilayah khatulistiwa terbebas dari angin topan sehingga senantiasa tenang dan dinamakan doldrum atau teduh khatulistiwa.

Doldrum merupakan DaerahKonvergensi Antar Topik (DKAT). Oleh karena itu, letaknya tidak tetap mengikuti perjalanan semu harian mathari ke arah utara dan selatan dan suhunya selalu tinggi.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.59

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Angin Pasat dan Anti Pasat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top