Pengertian Magnesium (Mg)

Pengertian Magnesium (Mg) - Magnesium adalah kation nomor dua paling banyak adalah natrium di dalam cairan interselular. Magnesium dalam tubuh sebagian besar terdapat dalam tulang dan gigi. Sisanya merupakan senyawa kompleks dengan Cad an P. Sisanya terdapat di dalam otot dan dalam cairan tubuh, baik di dalam sel maupun di luar sel. Jaringan otot mengandung lebih banyak Mg dari pada Ca, sedangkan darah mengandung lebih banyak Ca daripada Mg. Pada orang sehat, kadar Mg dalam darah mempunyai nilai konstan.
Magnesium
Sumber Magnesium pada Makanan yaitu pada Sayur Bayam
Sumber magnesium adalah Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber magnesium yang baik Karena pusat molekul klorofil (yang memberikan warna hijau sayuran mereka) mengandung magnesium. Beberapa kacang-kacangan (buncis dan kacang polong), kacang-kacangan dan biji-bijian, dan utuh, biji-bijian tidak dimurnikan juga merupakan sumber yang baik dari magnesium. Ketika tepung putih yang halus dan diproses, kuman magnesium kaya dan dedak dihapus. Roti terbuat dari tepung gandum, gandum menyediakan magnesium lebih dari roti yang dibuat dari tepung halus putih.

Fungsi magnesium dalam tubuh adalah untuk membantu proses pencernaan protein dan mampu memelihara kesehatan otot serta system jaringan penghubung. Sebenarnya dengan menikmati satu cangkir teh, kebutuhan akan magnesium untuk satu hari telah terpenuhi. Beberapa publikasi terkini menyatakan bahwa magnesium dalam the dapat pula berfungsi dalam reaksi seluler, mengatur elektrolite tubuh, hormone reseptor, metabolism vitamin D, serta berperan aktif dalam pembentukan tulang. Sumber lain menyatakan bahwa magnesium terlibat dalam 300 macam enzim metabolit dalam tubuh dan magnesium juga melenturkan pembuluh darah dan membantu menghilangkan timbunan lemak yang terjadi pada dinding sebelah dalam dari pembulu darah. Juga berfungsi sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.


Selain itu sebagai salah satu mikro mineral terpenting yang dibutuhkan manusia magnesium juga berfungsi membantu relaksasi otot, membantu transmisi sinyal syaraf, memproduksi dan mendistribusi energy, berperan penting dalam sintesa protein dan sebagai Co factor pembantu enzim yang merupakan katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia termasuk mengatur suhu tubuh manusia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.31

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Magnesium (Mg) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top