Pengertian Standar

Pengertian Standar - Banyak diskusi dalam mempelajari dan membahas definisi Standar. Kamus Oxford memberikan beberapa pengertian konsep kunci mengenai definisi standar.
  1. Standar adalah dasar untuk peningkatan untuk mencapai derajat terbaik.
  2. Standar memberikan suatu dasar perbandingan.
  3. Standar adalah suatu catatan minimum dimana terdapat kelayakan isi.
  4. Standar adalah sebagai model yang dapat di tiru.
  5. Standar digunakan untuk menilai diri sendiri.
  6. Standar sebagai suatu patokan pencapaian yang di dasarkan kepada tingkat keinginan terbaik.
    Pengertian Standar

    Standar adalah
  • Standar adalah keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna yang digunakan sebagai batas penerimaan minimal (Clinical practice Guildelines, 1990).
  • Standar adalah spesifikasi dari fungsi dan tujuan yang harus dipenuhi oleh suatu sarana pelayanan agar pemakai jasa pelayanan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dari pelayanan yang diselenggarakan ( Rowland & Rowland, 1983).
  • Standar adalah tujuan produksi yang numeric, kazimnya ditetapkan secara sendiri namun bersifat meningkat yang dapat dipakai sebagai pedoman untuk memisahkan yang tidak dapat diterima atau buruk dengan yang dapat diterima atau baik (Brent James, 1983).
Standar pelayanan berguna dalam penerapan norma dan tingkat kinerja yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang baik untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penerapan Standar pelayanan akan sekaligus melindungi, masyarakat, karena penilaian terhadap proses dan hasil pelayanan dapat dilakukan dengan dasar yang jelas. Dengan adanya standar pelayanan, yang dapat dibandingkan dengan pelayanan yang diperoleh, maka masyarakat akan mempunyai kepercayaan yang lebih mantap terhadap pelaksana pelayanan.

Standar pelayanan kebidanan dapat pula digunakan untuk menentukan kompetensi yang diperlukan bidan dalam menjalankan praktik sehari-hari. Standar ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai pelayanan (Standar digunakan untuk menilai keabsahan hasil kegiatan, efektifitasnya ekonomis dan tingkat kepuasaan seseorang terhadap kegiatan tersebut). Menyusun rencana pelatihan dan pengembangan kurikulum pendidikan. Selain itu, Standar pelayanan dapat membantu dalam penentuan kebutuhan operasional untuk penerapannya, misalnya kebutuhan akan pengorgansasian, mekanisme, peralatan dan obat.

Standar adalah tujuan produksi yang numerik, lazimya ditetapkan secara sendiri namun bersifat mengikat, yang dipakai sebagai pedoman untuk memisahkan yang tidak dapat diterima atau buruk dengan yang dapat diterima atau baik.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.34

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Standar yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top