Pengertian Lemak Gabungan

Pengertian Lemak Gabungan - Lemak gabungan ialah gabungan lemak dengan bahan lain. Jika dihidrolisa menghasilkan residu selain asam lemak dan alkohol, juga senyawa lain. Beberapa lemak gabungan yang penting dalam sel hewan adalah sebagai berikut:

Pengertian Lemak Gabungan

  1. Fosfolipid, gabungan lemak dan asam fosfat, baa nitrogen dan gugus lain
  2. glikolipid, gabungan lemak dengan glikogen
  3. lipoprotein, gabungan lemak dengan protein.
Lemak gabungan merupakan ester asam lemak yang jika dihidrolisis menghasilkan asam lemak, alkohol, dan zat-zat lain. Lemak gabungan merupakan komponen struktural yang paling penting pada membran sel. Adapun beberapa contoh lemak gabungan antara lain fosfolipid, glikolipid, lipoprotein, dan karotenoid. 

Banyaknya kebutuhan lemak yang harus dipenuhi oleh tubuh manusia biasanya berbeda-beda. Orang yang hidup dan menetap di daerah yang memiliki suhu dingin serta orang yang bekerja berat juga memerlukan lemak yang lebih banyak. Fungsi lemak sangatlah penting untuk tubuh. Berikut fungsi lemak : 
  1. Pelindung tubuh dari temperatur suhu yang rendah.
  2. Fungsi lemak yang berperan sebagai pelarut vitamin A, E, K, dan D.
  3. Salah satu bahan penyusun vitamin dan hormon.
  4. Pelindung berbagai alat tubuh vital yaitu berperan sebagai bantalan lemak.
  5. Salah satu penghasil energi tertingggi.
  6. Salah satu bahan penyusun asam kholat, empedu.
  7. Fungsi lemak salah satunya dapat menahan rasa lapar, hal ini karena lemak dapat memperlambat pencernaan. Apabila pencernaan yang terjadi terlalu cepat maka menyebabkan timbul rasa lapar yang cepat pula.
  8. Salah satu bahan penyusun dalam membran sel.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.00

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Lemak Gabungan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top