Minggu, 06 November 2016

Pengertian Validitas Isi Hasil Belajar

| Minggu, 06 November 2016
Pengertian Validitas Isi Hasil Belajar - Yang dimaksud validitas isi suatu tes hasil belajar adalah validitas yang diperoleh sesudah dilakukan analisis, penyajian terhadap isi yang terkandung dalam tes hasil bellajar tersebut. Validitas isi mengandung makna sejauh mana isi dari tes hasil belajarnya benar-benar dapat mewakili secara refresentatif terhadap keseluruhan bahan pelajaran yang seharusnya diujikan.

Pengertian Validitas Isi Hasil Belajar

Pembahasan tentang validitas isi suatu tes identik dengan pembahasan tentang populasi dan sampel dalam penerbitan. Bilamana keseluruhan materi pelajaran yang disajikan kepada peserta didik kita anggap sebagai populasi, sedang isi tes hasil belajar dalam suatu pelajaran kita anggap sebagai sampelnya, amka tes hasil belajar dalam mata pelajaran tersebut dikatakan telah memiliki validitas isi apabila isi tes tersebut (sebagai sampel) dapat menjadi wakil yang refresentatif bagi seluruh materi pelajaran yang telah diajukan sebagai populasi.

  Cara menyelidiki validitas isi alat ukur Matematika dapat dilakukan dengan menggunakan pendapat suatu ‘panel’ yang terdiri dari ahli-ahli dalam bidang matematika dan ahli-ahli dalam pengukuran. Bila cara tersebut sulit untuk dilakukan, maka dapat dikerjakan dengan cara membandingkan materi alat ukur tersebut dengan bahan-bahan dalam penyusunan alat ukur, dengan analisis rasional. Apabila materi alat ukur cocok dengan materi penyusunan alat ukur, berarti alat ukur tersebut memiliki validitas isi.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar