Pengertian Gaya Bahasa


Pengertian Gaya Bahasa

Pengertian Gaya Bahasa


Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa). Sebuah gaya bahasa yang baik harus mengandung tiga unsur berikut : kejujuran, sopan santun, dan menarik.

Kejujuran dalam bahasa, menurut Keraf berarti kita mengikuti aturan-aturan, kaidah-kaidah yang benar dan baik dalam berbahasa. Pemakaian kata-kata yang kabur dan tidak terarah, serta penggunaan kalimat yang berbelit-belit, adalah jalan untuk mengandung ketidakjujuran. Penulis tidak menyampaikan pikirannya secara terus terang. Ia seolah-olah menyembunyikan pikirannya tersebut dibalik rangkaian kata yang kabur dan jaringan kalimat yang berbelit-belit.

Sopan santun adalah menghormati orang diajak bicara, khususnya pembaca. Rasa hormat dalam gaya bahasa dimanifestasikan melalui kejelasan dan kesingkatan. Menyampaikan sesuatu secara jelas berarti tidak membuat pembaca sampai bingung untuk memahami maksud dari kalimat yang tertulis. Penyampaian dengan menggunakan kata-kata efisien dan tidak berlebihan menunjukkan kesingkatan.

Menariknya, dapat diukur melalui beberapa komponen berikut: variasi, humor yang sehat, pengertian yang baik, tenaga hidup (vitalitas), dan penuh daya khayal (imajinasi).

Secara sederhana, hakikat gaya bahasa adalah bahasa indah yang dipergunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan memperkenalkan serta membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang lebih umum.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.48

Ditulis Oleh : siti rogayah ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Gaya Bahasa yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top