Pengertian Kalimat


Pengertian Kalimat

pengertian kalimat

            Kalimat adalah satuan bahasa yang terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang memiliki sekurag-kurangnya subjek (S) dan predikat (P). Jika tidak mempunyai S dan P, pernyataan itu bukanlah kalimat, melainkan frase. Kalimat bagi seorang pembaca ialah kesatuan kata yang mengandung makna/pikiran, sedangkan bagi seorang penulis, kalimat ialah satu kesatuan pikiran/makna yang diungkapkan dalam kesatuan kata.

            Kalimat merupakan unsur penting untuk mengungkapkan fakta, pikiran, sikap dan perasaan. Hal ini harus diungkapkan dalam kalimat efektif, yaitu kalimat yang dapat menimbulkan daya khayal para pembaca, minimal mendekati apa yang dipikirkan penulis.

            Kalimat efektif adalah kalimat yang bukan hanya memenuhi syarat-syarat komunikatif, gramatikal, dan sintaksis saja, tetapi juga harus hidup, segar, mudah dipahami, serta dapat menimbulkan daya khayal pada diri pembacanya.

            Efektif mengandung pengertian tepat guna, artinya sesuatu akan berguna jika dipakai pada sasaran yang tepat. Dalam berbahasa kita tidak mungkin menggunakan bahasa yang formal jika berkomunikasi dengan  pedagang di pasar. Demikian juga, jika kita hendak berkomunikasi dengan teman sebaya tatkala bercanda, bahasa yang dipakai pada situasi seperti itu biasanya tidak begitu formal asal komunikatif. Komunikatif atau tidaknya suatu percakapan, di bangun oleh proses kebiasaan penggunaan bahasa tersebut. Jadi, efektif dalam kalimat adalah ketepatan penggunaan kalimat dan ragam bahasa tertentu dalam situasi kebahasaan tertentu pula.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.26

Ditulis Oleh : siti rogayah ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Kalimat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top