Senin, 06 Juli 2015

Pengertian Kalorimeter

| Senin, 06 Juli 2015
Pengertian Kalorimeter - Kalorimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kalor. Kalorimeter ini terdiri dari sebuah bejana logam yang kalor jenisnya diketahui. Bejana ini biasanya ditempatkan di dalam bejana lain yang agak lebih besar. Kedua bejana dipisahkan oleh bahan penyekat, misalnya gabus atau wol. Kegunaan bejana luar adalah sebagai jaket pelindung agar pertukaran kalor dengan lingkungan sekitar calorimeter dapat dikurangi. Kalorimeter juga dilengkapi dengan batang pengaduk. Pada waktu zat dicampurkan di dalam calorimeter, air di dalam calorimeter perlu diaduk agar diperoleh suhu merata sebagai akibat pencampuran dua zat yang suhunya berbeda. 

Kalorimeter

Kalorimeter
Pengukuran kalor sering dilakukan untuk menentukan kalor jenis suatu zat, sebab jika kalor jenis suatu zat sudah diketahui, maka kalor yang diserap atau dilepaskan dapat ditentukan dengan mengatur perubahan suhu zat tersebut. Slah satu cara yang dapat digunakan ialah dua zat yang suhunya berbeda dicampurkan sehingga terjadi pertukaran kalor di antara kedua zat itu, sampai kedua zat itu sama. Bila kalor jenis salah satu zat diketahui, kaloir jenis yang lain dapat dihitung melalui  hukum kekalan energi. 

Batang pengaduk ini biasanya terbuat dari bahan yang sama seperti bahan bejana calorimeter. Zat yang ditentukan kalor jenisnya dipanaskan sampai suhu tertentu. Kemudian zat tersebut segera dimasukkan ke dalam calorimeter yang berisi air, yang suhu dan massanya sudah diketahui. Kalorimeter diaduk sampai suhunya tidak berubah lagi.

Di dalam praktik ada beberapa hal yang semestinya diperhitungkan. Satu di antaranya ialah kalor yang diambil oleh tempat air dan oleh thermometer ke dalam air itu. Hal lain ialah hilangnya sejumlah kalor ketika logam alumunium dipindahkan dari tempat pemanasan ke air tertentu ada ke air. Pada perjalanan dari tempat pemanasan air tertentu ada kalor yang hilang karena persentuhan dengan udara dan karena ada yang dipancarkan. Akan tetapi kehilangan kalor yang terakhir ini sukar diperhitungkan. Kehilnganan karena diambil oleh wadah dapat diperhitungkan. Kalor yang diambil oleh thermometer jugz sulit diperhitungkan. Akan tetapi, karena ukuran thermometer biasanya kecil, kalor yang diambil thermometer sering dapat diabaikan .




Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar