Minggu, 20 Maret 2016

Pengertian Hipotesis

| Minggu, 20 Maret 2016
Pengertian Hipotesis - Hipotesis berasal dari dua penggalang kata. Kata hypo yang artinya di bawah dan thesa yang artinya kebenaran jadi hipotesis merupakan jawaban research question yang diajukan, kemudian cara menulisnya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia menjadi hipotesa dan berkembang menjadi hipotesis, pernyataan yang masih lemah perlu diuji apakah hipotesis dapat diterima atau tidak.
Pengertian Hipotesis

Pengertian Hipotesis
Perumusan hipotesis penelitian merupakan langkah ketiga dalam penelitian, setelah peneliti mengemukakan landasan teori dan kerangka berpikir, akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak setiap penelitian harus merumuskan hipotesi, penelitian yang bersifat eksploratif dan deskriptif sering tidak perlu merumuskan hipotesis.

Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara terhadap masalah-masalah penelitian, yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris. Dikatakan sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum di dasarkan pada fakta-fakta empiris yang diperoleh melalui pengumpulan data. Oleh sebab itu hipotesis juga dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum jawaban yang empirik dengan data.

Taraf ketepatan prediksi atau hipotesis akan sangat tergantung kepada taraf kebenaran dan taraf ketepatan landasan teoritis yang mendasarnya, dasar teori yang kurang sehat (sound) akan melahirkan hipotesis yang prediksinya kurang tepat dan begitupun sebaliknya.

Di dalam hipotesis itu terkadang suatu ramalan, ketepatan ramalan tersebut tertentu tergantung pada penguasaan peneliti itu atas ketepatan landasan teoritis dan generalisasi yang telah dibacakan pada sumber-sumber acuan ketika melakukan telaah pustaka.

Cara-cara meruuskan hipotesis itu tidak ada aturan umumnya, namun dikemukakan saran-saran sebagai berikut:

  • Hipotesis hendaklah menyatakan pertautan antara dua variabel atau lebih.
  • Hipotesis hendaklah menyatakan dalam kalimat deklaratif atau pernyataan.
  • Hipotesis hendaklah dirumuskan secara jelas dan padat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar