Rabu, 05 April 2017

Pengertian Emotional-Spiritual Quotient (ESQ)

| Rabu, 05 April 2017
Selain kita harus berpikir besar untuk menumbuh kan potensi berpikir maka kita harus menumbuhkan potensipotensi lainnya, seperti potensi rohani, emosi, atau spiritual. Potensi emosi dan spiritual ini sering disebut dengan Emotional-Spiritual Quotient (ESQ).

Pengertian Emotional-Spiritual Quotient (ESQ)


Kecerdasan emosi dan spiritual seseorang hasil penelitian para ahli ternyata memiliki peran yang lebih besar terhadap kesuksesan seseorang. Orang-orang yang dapat mencapai puncak karir bukan hanya orang yang secara Intelligence Quotient (IQ)-nya cerdas, melainkan harus didukung oleh kecerdasan emosi dan spiritualnya.

Ada lima karakter dan kemampuan dalam kecerdasan emosional, yaitu sebagai berikut.

1) Kesadaran Diri
Mengetahui yang dirasakan untuk memandu  pengambilan keputusan diri sendiri serta memiliki tolok ukur yang realistis atas kemampuan dan kepercayaan diri.

2) Pengaturan Diri
Menangani emosi sehingga berdampak positif pada pelaksanaan tugas dan pencapaian suatu maksud, bereaksi secara wajar terhadap suatu situasi, dan mampu dengan cepat pulih dari tekanan emosi.

3) Motivasi Diri
Menggunakan hasrat yang paling dalam untuk menggerakkan dan menuntut menuju sasaran, meng ambil inisiatif, bertindak efektif, serta bertahan menghadapi kegagalan.

4) Empati
Merasakan yang dirasakan orang lain, memahami perspektif mereka, menumbuhkan hubungan saling percaya, dan menyelaraskan diri dengan berbagai orang.

5) Keterampilan Sosial
 Menangani emosi secara baik, membaca situasidan jaringan sosial, berinteraksi, memimpin, bermusyawarah dan menyesuaikan perselisihan, serta bekerja sama.

Keterampilan dan kecerdasan emosi ini perlu kita miliki karena dengan menerapkan keterampilan emosi ini maka kehidupan kita akan selaras dan harmonis. Seorang siswa yang berasal dari keluarga yang mampu dan pintar karena memiliki kecerdasan emosi maka ia tidak akan berperilaku membanggakan diri dan menghinakan yang lainnya, melainkan ia akan me ng olah potensi dirinya tersebut untuk menyumbang kan nilai-nilai kebaikan kepada teman dan sekolahnya. Bagi teman yang tidak mampu secara ekonomi maka kecerdasan emosi akan membuat giat dan berjuang untuk perbaikan hidup di masa depan dengan langkahlangkah yang baik dan positif.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar