Senin, 26 Juni 2017

Pengertian Evaluasi

| Senin, 26 Juni 2017
Pengertian Evaluasi - Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran.Sedangkan menurut pengertian istilah evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk megetahui keadaan sesuatu program dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolok ukur untuk memperoleh kesimpulan.(Thoha, 1991, hal. 1)

Pengertian Evaluasi


Evaluasi mempunyai arti yang berbeda untuk guru yang berbeda. Menurut Cross “Evaluation is a procces which determines the extent to which objectives have been achieved”. Evaluasi merupakan proses yag menentukan kondisi dimana suatu tujuan telah dapat dicapai.Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada piha-pihak yang berkepentingan, diantaranya terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan.(Sukardi, 2015, hal. 1)

Definisi ini menerangkan secara langsung hubungan evaluasi dengan tujuan suatu kegiatan yang mengukur derajat, dimana suatu tujuan dapat dicapai. Sebenarnya evaluasi juga merupakan proses memahami, memberi arti, mendapatkan, dan mengkomunikasikan suatu informasi bagi keperluan pengambil keputusan.

Evaluasi program adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk melihat tingkat keberhasilan program.Ada beberapa pengertian “program” itu sendiri. Didalam kamus tertulis :(Arikunto, 2015, hal. 325)
a. Program adalah rencana,
b. Program adalah kegiatan yang direncanakan dengan saksama.

Melakukan evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan. Berdasarkan pemahaman diatas dapat pemakalah simpulkan bahwa yang dimaksud dengan desain evaluasi program adalah suatu rancangan atau kerangka penilaian yang terencana untuk megetahui keadaan sesuatu program dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolok ukur untuk memperoleh kesimpulan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar