Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi - Akuntansi adalah merupakan suatu "ilmu" yang di dalamnya berisi tentang bagaimana proses pemikiran sehingga dihasilokan suatu kerangka konseptual yang berisi tentang prinsip, standar, metode, dan teknik, sehingga serta prosedur yang akan dijadikan landasan dalam pelaporan keuangan. Pelaporan keungan itu tentu saja berisi informasi-informasi yang berguna dalam membantu pengambilan keputusan bagi para pemakainya. Pelapor keuangan adalah seperangkat laporan keuangan dan infgormasi-informasi lainnya untuk melaporkan keadaan keuangan dari suatu kesatuan usaha. Seperti ilmu-ilmu lainnya, ilmu akuntansi juga berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah untuk apa akuntansi dipelajari, mamfaat apa yang diperoleh dari informasi akuntansi, dan bagaimana penyusunan laporan keuangan dari suatu kesatuan usaha.

Akuntansi Dana
Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah menggunakan akuntansi ini. Ketika seorang pemilik warung mencatat pembelian barang dagangannya, mencatat siapa saja yang berutang di warungnya, memisahkan kotak antara uang yang masuk dari hasil penjualannya dengan kotak uang dialokasikan untuk belanja kebutuhan barang dagangan dan kebutuhan dan kebutuhan operasional di warungnya, maka pada dasarnya pemilik warung telah menerapkan teknik akuntansi. Penerapan pengetahuan di bidang tentu semakin luas dan kompleks jika harus dihadapkan kepada bisnis dengan skala yang lebih besar.

Mamfaat apa yang dimiliki pemilik warung dengan hal tersebut? pada dasarnya pemilik warung memerlukan informasi yang berkaitan dengan aktivitas bisnisnya. Catatan pembelian barang dagang oleh pemilik dengan tujuan ingin mengetahui berapa sesungguhnya harga pokok barang dagangan dan jumlah persediaan barang yang ada. Catatang tentang piutang dengan tujuan untuk mengetahui siapa saja yang berutang di warungnya\, berapa jumlahnya dan pada akhirnya menjadi dasar pertimbangan pemilik warung, apakah orng tersebut masih layak diberikan utang. Penerapan antara kotak uang masuk dan kotak uang keluar bertujuan untuk mengetahui hasil penjualan di warung, berapa alokasi untuk biaya operasional dan pembelian kembali lagi barang dagang dan menganalisis apakah arus kas warungnya berjalan baik.

Untuk perusahaan dengan skala yang lebih besar, informasi yang di butuhkan akan sangat banyak dan bervariasi. Seorang kepala bagian penjualan memerlukan informasi tentang total penjualan yang telah di capai, apakah di bawah atau di atas target yang di tetapkan. Informasi ini dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang perlu diambil, misalnya apakah perlu dilakukan promosi, menetapkan target penjualan, yang akan datang, atau memberikan rekomendasi kepada kepala bagian produksi untuk melakukan modifikasi produk. Bagi kepala bagian produksi, informasi yang dihasilkan oleh proses akuntansi seperti biaya bahan baku, jumlah tenaga kerja dan biaya overhead dan pabrik lainnya sangat dibutuhkan dalam menentukan biaya harga pokok produksi, melakukan biaya efesiensi yang diperlukan, membandingkan harga pokok lama dengan harga pokok baru. Sehingga keputusan apakah produk baru bisa diluncurkan atau tidak. Disini kita lihat mamfaat akuntansi dari sisi manajerial, yaitu menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuangan serta memudahkan pengendalian yang efektif atas \seluruh aset, utang, dan aakuitas dana. Dalam masa sekarang di mana pertanggungjawaban ( acountability) menjadi perhatian penting di dalam organisasi, maka fungsi akuntasi menjadio semakin penting.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.01

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Akuntansi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top