Pengertian Diabetes Mellitus

Pengertian Diabetes Mellitus - Diabetes adalah suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas menyangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi. Diabetes merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dengan jumlah yang cukup, atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.

Diabetes mellitus merupakan diabetes yang terjadi akibat adanya gangguaan produksi insulin oleh pancreas sehingga glukosa dalam darah tidak dapat diubah menjadi energi. Diabetes Militus terbagi atas 3 bagian yaitu:

  1. DM Type 1: Meruapakan diabetes yang pada umunya disebabkan karena tidak adanya insulin yang dihasilkan oleh sel beta pangkreas. Faktor risiko kerusakan tersebut tidak diketahui. Biasanya pada anak-anak, penyebab atau faktor risikonya bersifat genetik.
    Mekanisme siklus gula darah pada DM tipe 1
  2. DM Type 2: merupakan tipe yang paling banyak diderita seseorang. Pada DM type 2, pankreas penderita masih mampu menghasilkan insulin hanya saja keberadaan faktor resiko tertentu menyebabkan tubuh menghasilkan mekanisme perlawanan terhadap pengaruh insulin sehingga kadar glukosa menjadi tinggi. Gejala DM tipe 2 sama dengan gejala dm Type 1, hanya saja kemunculan gejalanya lebih lambat dibandingkan DM type 1 sehingga lebih sering diabaikan.
    Mekanisme siklus gula darah pada DM tipe ke 2
  3. DM Gestasional: merupakan diabetes yang banyak terjadi pada ibu hamil. Mereka bahkan biasanya, ibu yang mengalami jenis ini akan melahirkan anak dengan BB> 4.5 KG. Pada ibu hamil, hormon tertentu dibuat diplasenta untuk membantu distribusi dari ibu ke janin. Selain itu, ada hormon lain yang diproduksi untuk melawan kerja insulin sehingga ibu tidak mengalami kadar gula rendah. Oleh karena itu, pangkreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak insulin (3x lebih banyak dari jumlah normal) untuk mencegah kadar glukosa agar tidak berlebihan. Jika pangkreas tidak sanggup membuat cukup insulin, maka terjadilah DM Gestassional.

Beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat dan perlu dibenahi, anatara lain:

  • Mitos: Banyak makan gula dan menyebabkan diabetes dan faktanya yaitu diabetes memang berkaitan dengan kadar glukosa tinggi, tapi faktor asupan bukan satu-satunya penyebab. Bagaimana glukosa dapat dibakar dengan aktivitas fisik.
  • Mitos : Penderita diabetes tidak boleh makan makanan berkabohidrat seperti nasi, mie, roti, jagung dan lain-lain. dan faktanya yaitu pada dasarnya makanan tersebut merupakan bagian dari diet penderita diabetes. Namun mereka dapat memasukkan makanan tersebut dalam menu keseharian mereka (3-4 kali sehari) baik dalam makanan maupun snack selama porsinya tidak berlebihan.
  • Mitos: penderita diabetes mudah terserang flu dan faktanya adalah pemberian obat flu pada penderita sebenarnya berfungsi untuk melawan infeksi yand dapat menyebabkan konflikasi diabetes.
  • Mitos: pemberian insulin dapat menyebabkan hipertensi dan pengerasan pembuluh darah dan faktanya adalah hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian insulin sama sekali tidak menyebabkan hipertensi.
  • Mitos: diabetes adalah penyakit menular dan faktanya adalah diabetes bukan penyakit yang ditularkan oleh karena kontak dengan penderita seperti flu. Jadi jangan menjauhi pasien diabetes.
  • Mitos: penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi permendan coklat dan faktanya adalah dalam terapi diabetes, kedua jenis snack tersebut kadang diberikan untuk mengurangi efek fatal dari hipoglikemia akibat konsumsi obat antidiabetes dan latihan olahraga yang dilakukan penderita.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.57

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Diabetes Mellitus yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top