Pengertian Jantung

Pengertian Jantung - Jantung (dalam bahasa latin: cor, Yunani : cardia) adalah sebuah rongga, atau organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Secara anatomi, bagian-bagian jantung terdiri atas: Ruang pertama yaitu Atrium (serambi) : dipisahkan oleh septum intratrian. terdiri atas 2 bagian yaitu kiri dan kanan. dan ruang kedua yaitu vertikel (bilik): di pisahkan oleh septum interventricular. Terdiri atas 2 bagian yaitu kiri dan kanan. Dan bagian kedua yaitu Persyarafan : jantung dipersarafi oleh serabut simpatis dan parasimpatis susunan saraf otonom melalui plexus cardiacus yang terletak di bawah arkus aorta. Saraf simpatis berasal dari bagian cervicale dan thoracale bagian atas truncus symphatikus, dan persarafan parasimpatis berasal dari nervus vagus. Bagian yang ketiga yaitu Pelindung Jantung : 
Sirkulasi Darah pada jantung

Anatomi Jantung

  • Pericardium: kantong berdinding ganda yang dapat membesar dan mengecil, membungkus jantung dan pembuluh darah besar.
  • Lapisan flibrosa: tersusun dari serabut kolagen yang membentuk lapisan jaringan ikat rapat untuk melindungi jantung.
  • Lapisan serosa: terdiri atas Visceral (epicardium) yang menutup permukaan jantung, dan parietal melapisi bagian dalam fibrosa pericardium.
  • Cavitas pericardium : ruang potensial antara membrane visceral dan parietal. Mengandung cairan pericardial yang disekresi lapisan Serosa untuk melumasi membrane dan mengurangi friksi.
    Posisi Jantung Pada Manusia
Dan bagian keempat yaitu Dinding jantungbyang terdiri atas:


  1. Epicardium : tersusun atas lapisan sel mesotelial yang berasal diatas jaringan ikat.
  2. Miokardium : terdiri jaringan otot jantung yang berkontraksi untuk memopa darah 
  3. Endokardium ; tersusun atas lapisan endhothelial yang terletak diatas jaringan ikat
Jantung merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dijantung di bagi atas 2 yaitu:


  1. Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik(vertikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
  2. Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari bilik kanan jantung menuju paru dan akhirnya kembali lagi ke jantung pada serambi kiri. Pada peredaran darah kecil inilah darah melakukan pertukaran gas di paru. Darah melepaskan CO2 dan mengambil O2 dari alveoli. Oleh karena itu, darah dari paruh ini banyak mengambil oksigen.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.03

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Jantung yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top