Pengertian Makanan dan Gizi menurut Islam

Pengertian Makanan dan Gizi menurut Islam - Ajaran Islam mencangkup seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali masalah makan. Oleh karena itu bagi kaum muslimin, makanan di samping berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan fisik, juga berkaitan dengan rohani, iman dan ibadah juga dengan identitas diri, bahkan dengan perilaku.

Gambar Makanan yang bergizi untuk Masa Pertumbuhan Anak anda
Makanan atau tha'am dalam bahasa Al'Qur an adalah segala sesuatu yang di makan atau di cicipi. Karena itu "minuman" pun termasuk dalam pengertian tha'am. Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 249, menggunakan kata Syariba (minum) dan yath'am (makan) untuk objek yang berkaitan dengan air minum. Kata tha'am dalam berbagai bentuknya terulang dalam Al-Quran sebanyak 48 kali yang antara lain berbicara tentang berbagai aspek berkaitan dengan makanan. Belum lagi ayat-ayat lain yang menggunakan kosa kata selainnya.

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, di makan oleh mahluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Cairan di pakai untuk maksud ini sering di sebut minuman, tetapi kata "makanan" juga bisa di pakai. Istilah ini kadang-kadang di pakai dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran".
Gizi menurut Islam berasal dari bahasa Arab "Al-Gizzal" yang artinya makanan dan mamfaatnya untuk kesehatan. Al Ghazzai juga dapat di artikan dari sari makanan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang di konsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat-zat yang tidak di gunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normaldari organ-organ, serta menghasilkan energi. Tak satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi, yang mampu membuat seseorang hidup sehat, tumbuh kembang dan produktif. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragaman makanan. Makan makanan yang beranekaragaman sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang di perlukan tubuh baik kualitas maupun kuantitasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa di sebut dengan triguna makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga, pembangun dan zat pengatur. Apabila terjadi kekurangan atau kelengkapan salah satu zat gizi tertentu pada suatu jenis makanan, akan di lengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain. Jadi makan makanan yang beraneka ragam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.20

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Makanan dan Gizi menurut Islam yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top