Pengertian Narkoba

Pengertian Narkoba - Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba" istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Aditif. Istilah ini banyak dipakai oleh para praktisi kesehatan dan rehabilitasi.
Narkoba Merusak Organ Tubuh Manusia

Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza" mengacu pada sekelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduaan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi ini disalah artikan akibat pemakaian ini di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.
Katakan tidak pada narkoba

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis ataupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi atau sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selectif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Lebih sering digunakan oleh dokter untuk mengobati gangguan jiwa. Bahan aktif lainnya adalah zat atau bahan lain bukan narkotika dan psikotropika yang berpengaruh pada kerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan. Bahan ini bisa mengarahkan atau sebagai jalan adiksi terhadap narkotika. Dalam istilah para ulama, narkoba ini masuk dalam pembahasan muffatirot (pembuat lemah) atau mukhoddirot (pembuat mati rasa).
Narkoba dapat merusak masa depan anak-anak di seluruh dunia

Narkoba telah dikenal oleh manusia sejak zaman sebelum Masehi. Jenis narkoba yang dikenal pertama kali oleh manusia adalah narkoba alami, artinya narkoba yang langsung yang diambil dari alam. Jadi belum melalui proses pencampuran dengan zat lainnya. Adapun tanaman yang dikenal pertama kali adalah opium, ganja, dan koka.

Narkoba seperti yang telah diterangkan pada sebelumnya merupakan istilah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, yang sering pula disebut NAZA (Narkoba, Alkohol dan Zat Aditif) atau NAPZA Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.56

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Narkoba yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top