Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran - Pengertian marketing research, Converse, Huegy and Mitchell menyatakan: Suatu yang ditujukan untuk mengumpulkan data yang akan digunakan oleh pimpinan untuk merumuskan marketing policies dan rencana usaha. Termasuk di dalamnya penggunaan metode-metode ilmiah untuk memecahkan problem-problem marketing. Mengenai apa yang dikatakan "Research" Charles F. Kattering mengatakan riset pemasaran adalah studi dan penilaian terhadap keadaan pasar sekarang dan potensi pasar, guna menetapkan kebijaksanaan, metode, performa usaha, yang dtunjang oleh kesimpulan yang dapat diukur. 
Pelatihan Riset Pemasaran
American Marketing Association merumuskan riset pemasaran adalah merenungi, mencatat, dan menganalisa semua fakta yang menyangkut transfer dan penjualan barang dan jasa dari produsen sampai konsumen. William Schoell (1993:386) menyatakan marketing research adalah proses mengidentifikasi masalah pemasaran, atau peluang pasar dengan mengumpulkan serta menganalisa data yang relevan dan melaporkan kepada pembuat keputusan.

 Riset pemasaran sangat penting di lakukan oleh Badan Usaha, karena riset pemasaran merupakan kunci kesuksesan. Riset pemasaran mempunyai tujuan umum yaitu hendak menaksir demand efektif dan demand potensial dari suatu produk.

Ada dua contoh yang diberikan oleh philip dua Duncan, betapa penting riset pemasaran yaitu: contoh pertama : sebuah pabrik obat meramalkan bahwa dia punya kesempatan menaikkan harga obatnya, tetapi dipikir lagi bagaimana akibatnya nanti, lalu timbul keragu-raguan dan minta bantuan research. Akhirnya ditest kenaikan harga pada suatu daerah, bandingkan dengan saingan, lihat net profit. Kesimpulan harga bisa dinaikkan diseluruh daerah pemasaran. Contoh kedua: menyatakan bahwa salah satu unsur (bahan) pembuatan permen harganya naik. Ada bahan pengganti lain, tetapi warna permen akan berubah. Produsen takut, bagaimana reaksi konsumen. Lalu minta bantuan research. Setelah diadakan percobaan dan ditest, memberikan kesimpulan, jangan dirubah unsur itu. Dari dua contoh di atas kita bisa mendapat gambaran tentang Riset Pemasaran dan apa lapangan kerjanya. Riset pemasaran adalah penting bagi para menajer  yang akan membuat keputusan (decision making). Decision making sering diawali dengan anlisa masalah-masalah melalui beberapa tahap, yaitu tahap-tahap merumuskan masalah, tahap mencari kemungkinan-kemungkinan itu, dan tahap memutuskan kemungkinan yang paling baik.

Tahap di atas bisa diselesaikan dengan cara intuisi atau dengan fakta atau kedu-duanya. Masalah-masalah yang bisa dipecahkan dengan intuisi yaitu soal-soal kecil, soal-soal insidentil dan soal-soal yang meminta pemecahan segera. Menggunakan research dalam hal ini akan terlalu mahal biasanya. Pertimbangan biaya dan waktu merupakan pembatasan utama terhadap penggunaan marketing research. Sebaliknya bila dikumpulkan fakta-fakta yang kemudian dianalisa dan dapat ditarik kesimpulan, ini pun masih mempunyai kelemahan-kelemahan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.58

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Riset Pemasaran yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top