Pengertian Sel

Pengertian Sel - Sel adalah unit terkecil dari semua mahluk hidup, memiliki struktur dasar dan fungsi, dan juga merupakan dasar bagi ilmu biologi sebagaimana ilmu atom bagi ilmu kimia. Dalam herarki organisasi biologis, sel ini merupakan kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup. Sel memiliki organisasi molekuler yang rumit dengan sifat biokimiawi yang mampu menyimpan informasi, mengubah informasi dalam bentuk sintetis molekul sel, dan menggunakan sumber energi untuk aktifitas. Sel mampu bergerak dan menyeimbangkan perubahan lingkungan yang berfluktuasi serta mampu memperbanyak diri dan meneruskan informasi herediternya.
Struktur Sel

Organel Sel

Setiap sel memiliki kemampuan-kemampuan berikut:

  1. Bereproduksi dengan cara membelah diri.
  2. Metabolisme, termasuk mengganti bahan baku, memproduksi molekul-molekul berenergi dan melepaskan hasil produksinya. Kinerja sebuah sel tergantung pada kemampuannya untuk mengestrak dan menggunakan energi kimia yang tersimpang dalam molekul-molekul organik. Energi ini didapatkan dari proses metabolisme.
  3. Pembuatan-pembuatan protein-protein, mesin bagi sel-sel tersebut, misalnya enzim, Semua sel mamalia rata-rata terdiri dari 10.000 jenis protein yang berbeda.
  4. Memberikan respon terhadap rangsangan eksternal dan internal seperti perubahan temperatur, pH atau kandungan nutrisi.
  5. mengatur lalu lintas vertikel.
Salah satu cara untuk mengklasifikasikan ssel adalah dengan mengamati apakah mereka hidup menyendiri atau berkelompok. Organisme-organisme beragam dari yang hanya memiliki satu sel (disebut sebagai organisme uniselular) yang berfungsi dan mempertahankan diri kurang lebih secara independen, atau membentuk kolom-kolom dan hidup bersama, sampai pada sel-sel multiseluler dimana sel-sel tersebut memiliki spesialisasi masing-masing dan biasanya tidak mampu bertahan hidup jika saling dipisahkan. Sebanyak 220 jenis sel dan jaringan membentuk tubuh manusia.


Secara umum sel terdiri atas 3 bagian utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan inti (nukleus) dengan batasan sebagai berikut:

  • Membran sel: Terdiri atas membran luar sel, tersusun dari dua lapis lemak dimana protein melekat. Memisahkan bagian internal dari lingkungannya dan meneruskan serta mengontrol keluar masuknya senyawa. Juga bertindak sebagai reseptor untuk informasi yang dapat mempengaruhi sifat sel.
  • Sitoplasma: Semua bagian yang tertutupi oleh membran plasma, kecuali inti. Pengecualian pada sel bakteri dimana bagian ini terjadi reaksi metabolis. Juga tercakup didalamnya partikel dan filamen yang terbenam dalam subtantsi yang semifluida (sitosol). Terdapat filamen dan skeleton sel yang memberi bentuk dan memungkinkan pergerakan sel.
  • Inti: Merupakan bagian bermembran yang mengandung informasi herediter (DNA) dan molekul yang berfungsi dalam pembacaan, modifikasi, dan pewarisannya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 03.32

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sel yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top