Rumah Sehat

Rumah Sehat - Dalam pengertian yang luas, rumah tinggal bukan ha nya sebuah bangunan (struktural), melainkan juga tempat kediaman yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak, di pandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat. Rumah dimengerti sebagai tempat perlindungan, untuk menikmati kehidupan, beristirahat dan bersuka ria bersama keluarga. Di dalam rumah, penghuni memperoleh kesan pertama di dalam kehidupannya di dunia ini. Rumah harus menjamin kepentingan keluarga, yaitu untuk tumbuh, memberi kemungkinan untuk hidup bergaul dengan tetangganya; lebih dari itu, rumah harus memberi ketenangan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan pada segala peristiwa hidupnya.

Rumah Sehat

Secara garis besar, rumah memiliki empat fungsi pokok sebagai tempat tinggal yang layak dan sehat bagi setiap manusia yaitu:
  •  Rumah  harus memenuhi kebutuhan pokok jasmani manusi.
  •  Rumah harus memnuhi kebutuhan pokok rohani manusia.
  •  Rumah harus melindungi manusia dari penularan penyakit.
  •  Rumah harus melindungi manusi dari gangguan laur.
Pengertian rumah yang dapat memuaskan jasmani manusia adalah rumah yang memenuhi persyaratan tersebut.

  1. Dapat memberi perlindungan terhadap gangguan-gangguan cuaca atau keadaan iklim yang kurang sesuai dengan kondisi hidup manusia, misalnya panas, dingin, hujan, dan udara yang lembab.
  2. Dapat memenuhi kebutuhan penghuninya untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan rumah tangga sehari-hari, antara lain: 
  • kegiatan kerja yang ringan, misalnya memasak, menjahit, belajar, dan menulis. 
  • berkumpul bersama seluruh keluarga atau mengadakan pertemuan dengan tamu;
  •  kegiatan rutin untuk memenuhi kebutuhan kesehatan jasmani bagi kelangsungan hidup, yakni antara lain:mandi, makan, dan tidur.
      3  Dapat di gunakan sebagai tempat istirahat yang tenang di waktu lelah atau sakit.
Rumah yang dapat memenuhi kebutuhan rohani  manusia adalah rumah yang memberi perasaan aman dan tenteram bagi seluruh keluarga sehingga mereka dapat kerasaan berkumpul dan hidup bersama, serta dapat mengembangkan sifat dan kepribadian yang sehat. Rumah yang merupakan tempat perlindungan dari pengaruh lingkungan luar adalah rumah yang dapat menjauhkan segala gangguan kesehatan bagi penghuninya. Oleh karena itu, rumah juga harus kuat dan stabil sehingga dapat memberi perlindungan terhadap gangguan keamanan yang di sebabkan bencana alammaupun kerusuhan atau kejahatan oleh pencuri atau perampok. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.21

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Rumah Sehat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top