Vitamin

Vitamin - Nama Vitamin berasal dari gabungan kata bahasa Latin yaitu vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin di anggap demikian. Di ketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Di pandang sebagai enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang di katalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini di gunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Buah-buahan bervitamin tinggi
Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat di butuhkan oleh tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (vitamin mempunyai peran yang sangat penting dalam metabolisme tubuh), karena vitamin tidak dapat di hasilkan oleh tubuh. Jika manusia, hewan ataupun mahluk hidup lain tanpa asupan vitamin tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit.

Vitamin merupakan suatu senyawa yang telah lama di kenal oleh peradaban manusia. Sudah sejak ribuan tahun lalu, manusia telah mengenal vitamin sebagai salah satu senyawa yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Seiring dengan perkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, berbagai hal dan penelurusan mendalam mengenai vitamin pun turut di perbaharui.
Vitamin secara umum berfungsi sebagai koenzim atau sebagai bagian dari enzim. Enzim merupakan katalisator organik yang menjalankan dan mengatur reaksi-reaksi biokimiawi di dalam tubuh. Suatu enzim terdiri atas komponen protein yang dihasilkan oleh sel dan disebut apoenzim. Apoenzim ketika disintesa tidak mempunyai aktivitas, dan akan menjadi aktif apabila telah berkonjugasi dengan komponen non apoenzim dan koenzim disebut holoenzim dan holoenzim inilah yang mempunyai aktivitas sebagai biokatalisator.

Selain sebagai koenzim vitamin juga berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme karbohidrat, lemak dan protein atau sintesisi lemak dan protein, serta berperan dalam pertumbuhan pemeliharaan tubuh.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.30

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Vitamin yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top