Pengertian Bunyi

Pengertian Bunyi - Bunyi adalah energi yang dirambatkan dalam bentuk gelombang, yang dapat menyebabkan sensasi aural, artinya gelombang bunyi dapat kita dengar. Ada banyak sekali bunyi disekitar kita, dan ini patut disyukuri. 

Gelombang Bunyi yang terjadi ketika drum dipukul

Kelelawar mengeluarkan bunyi ultrasonic
Alat musik, juga menghasilkan bunyi, bunyi yang indah, dan salah satu diantaranya adalah drum yang dipukul. Tampak dari gambar bunyi dimulai dari gerakan drum ketika ia dipukul. Selanjutnya getaran itu dirambatkan dan menghasilkan gelombang, dan karena dapat didengar manusia maka ia disebut gelombang bunyi. Jadi setiap kali anda mendengar bunyi pasti entah dimana ada sesuatu yang bergetar sebagai sumber bunyi tersebut.

Gelombang bunyi sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia, karena dengan gelombang bunyi itu manusia dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya. Adanya gangguan pada gelombang bunyi dapat menyebabkan komunikasi kita terganggu, yang biasanya disebabkan oleh gelombang bunyi frekuensi tinggi. Gangguan gelombang bunyi frekuensi tinggi yang sering disebut dengan kebisingan dapat disebaabkan oleh kesibukan lalu lintas maupun industri (Sugito, dkk, 2003). Gangguan kebisingan yang serius dapat menyebabkan kerusakan klinis pada indera pendengaran manusia (Elefrtheriou, 2002).

Gelombang bunyi yang dirambatkan di udara menghasilkan pemampatan dan peregangan dan pemampatan serta peregangan ini dirambatkan. Jadi gelombang bunyi yang merambat di udara termasuk gelombang longitudinal, karena arah rambatnya sama dengan arah perapatan dan peregangan.

Gelombang bunyi membutuhkan medium untuk merambatkan gelombang bunyi. Ia tidak seperti gelombang elektromagnetyang dapat merambat diruang hampa. Karena itu para astronaut tidak dapat menggunakan bunyi ultra untuk mengetahui letak mangsa yang mau ditangkapnya. Kelelawar terbang pada malam hari tidak menggunakan penginderaan penglihatan, karena penglihatan kelelawar tidak sesuai burung hantu atau binatang malam lain. Kelelawar dengan mengeluarkan bunyi ultrasonic yang kemudian bunyi itu dipantulkan kembali oleh benda-benda disekitarnya. Dengan cara seperti itu kelelawar bisa membedakan antara serangga dengan daun yang jatuh. Kelelawar tidak pernah salah terbang misalnya tabrak dinding atau pohon. Penginderaan kelelawar ini di contoh oleh manusia untuk sister Radar pada pesawat, kapal perang atau sistem sonar pada kapal selam. 

Bunyi dihasilkan oleh sebuah sumber bunyi, yaitu benda yang bergetar. Untuk memahami fenomena bahwa bunyi ditimbulkan dari sebuah benda yang bergetar, kita dapat menggunakan sebuah mistar yang ditekan salah satu ujungnya pada sebuah meja, kemudian ujung mistar yang lain diberi simpangan secukupnya/digetarkan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 02.29

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Bunyi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top