Pengertian Gelombang

Pengertian Gelombang - Di awal pembahasan kita sudah berbicara tentang getaran, selanjutnya gelombang itu tidak lain adalah getaran yang merambat karena adanya usikan atau gangguan yang diberikan pada suatu benda. Apa yang merambat? Tidak lain adalah energi dari usikan atau gangguan yang diberikan. Misalnya, baskom diisi dengan air lalu didiamkan sampai benar-benar diam. Setelah itu memasukkan jari telunjuknya dengan cepat dan kuat, maka kita akan melihat perubahan terhadap air yang terlihat itulah gelombang air. Airnya sendiri tidak pindah kemana-mana akan tetapi energi energi yang berasal dari gerakan tangan kita yang merambat di air dan kemuadian lama-kelamaan energi itu habis berubah menjadi bentuk energi yang lain sehingga energi yang ada di dalam baskom kembali diam.

Gelomabang air laut yang menerjang Banda Aceh


Gelombang air laut


Pola rapatan dan rengangan
pada pegas yang terusik
Gelombang dalam pergerakannya atau perambatannya menuju tujuan yang ingin dicapai ada yang memerlukan medium. Berbicara tentang medium, medium tidak lain tempat atau benda/media gelombang merambat. Seperti gelombang air, maka mediumnya adalah air, gelombang tali maka mediumnya adalah tali gelombang bunyi maka mediumnya adalah udara.

Gelombang yang perambatannya memerlukan medium dinamakan gelombang mekanik (gelombang air, tali, bunyi, dll) dan gelombang yang tidak memerlukan medium dinamakan gelombang elektromagnetik, contohnya adalah gelombang radio, gelombang mikro, radar, cahaya tampak, Laser, sinar-X, dan sinar gamma. Gelombang-gelombang ini adalah kelompok gelombang yang dapat merambat walaupun dalam hampa udara. Gelombang elektromagnetik ini dipancarkan ke segala arah oleh medan listrik dan medan magnet berubah, sehingga perambatannya tidak lagi memerlukan media khusus, karena dia dapat melewati ruang hampa sekaligus.

Sebelum teknologi komunikasi berkembang seperti sekarang, para nenek moyang terdahulu telah tahu bahwa getaran merambat melalui tanah, sehingga mereka mengamati derap musuh yang akan menyerang dengan mendekatkan telingan ke tanah. Dengan melakukan upaya itu mereka dapat mengetahui adanya musuh yang masih berada pada jarak yang sangat jauh sekali. Ini tentunya merupakan perambatan gelombang yang alami, melewati tanah yang sudah ada. Tentunya di dalam perjalanannya menuju tempat-tempat tertentu terjadi banyak kehilangan energi, sehingga ketika tiba di tempat tujuan energi gelombang itu sudah sangat sedikit jumlahnya. Orang sekarang berlomba-lomba mencari bahan/medium perantara yang dapat merambat gelombang dengan rugi perambatan yang seminim mungkin. Serat optik merupakan salah satu jawabannya dan penemuan ini telah mengubah wajah pertelekomunikasian kita, menjadi sedemikian canggihnya.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.54

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Gelombang yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top