Pengertian Amperemeter

Pengertian Amperemeter - Amperemeter (ammeter) adalah alat ukur kuat arus listrik. Untuk mengukur kuat arus yang mengalir dalam suatu komponen, amperemeter disisipkan ke dalam rangkaian sehingga berhubungan seri dengan komponen tersebut. Dengan demikian, semua arus yang melewati komponen akan melewati ammeter.

Amperemeter

Alat Amperemeter

Sifat listrik apakah yang harus dimiliki amperemeter agar tidak mengubah rangkaian?Jika ammeter memiliki hambatan, maka hambatan total dalam rangkaian akan bertambah. Dengan demikian arus yang mengalir akan mengecil, sehingga arus yang terukur akan salah. Oleh karena itu, idealnya hambatan amperemeter sama dengan nol. Pada praktiknya hambatan amperemeter pasti ada, tetapi diupayakan lebih kecil daripada hambatan rangkaian.

Amperemeter mempunyai skala penuh atau batas ukur maksimum, sementara kuat arus listrik yang akan di ukur ada kalanya melebihi batas ukur maksimum amperemeter. Agar amperemeter dapat digunakan untuk mengukur arus listrik yang lebih besar tersebut, haruslah dipasang suatu hambatan yang paralel dengan amperemeter sehingga kelebihan arus akan mengalir kehambatan paralel yang dinamakan hambatan shunt.

Amperemeter bekerja sesuai dengan gaya lorentz dan gaya magnetis. Arus yang mengalir pada kumparan yang selimuti medan magnet akan menimbulkan gaya lorentz yang dapat menggerakkan jarum amperemeter. Semakin besar arus yang mengalir maka semakin besar pula simpangannya. Jika kita akan mengukur arus yang melewati penghantar dengan menggunakan Amperemeter maka harus kita pasang seri dengan cara memotong penghantar agar arus mengalir melewati ampere meter

Ini berarti jika kita hendak mengetahui besar arus yang melewati suatu rangkaian tertutup maka perlu kita mengetahui tegangan dan hambatannya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa besar tegangan listrik satu fasa PLN adalah 220 volt maka kita hanya perlu mengetahui hambatannya menggunakan ohm meter. Pada dasarnya ampere meter juga terdapat dalam multimeter, jadi jika kita hendak membeli alat ukur kuat arus listrik sebaiknya membeli multimeter karena selain bias digunakan untuk mengukur arus juga dapat dihgunakan untuk mengukur tegangan sekaligus hambatan. Dengan kata lain multimeter merupakan satu alat yang multifungsi, mungkin ini sebabnya alat ini diberi nama dengan multimeter karena memang fungsinya yang sangat banyak. 

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.46

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Amperemeter yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top