Pengertian Produksi

Pengertian Produksi - Produksi dapat diartikan secara luas dan sempit. Dalam pengertian luas, produksi adalah segala sesuatu untuk menambah atau mempertinggi nilai atau faedah dari suatu barang. Sedangkan dalam arti sempit, produksi adalah segala usaha dan aktivitas untuk menciptakan suatu barang atau mengubah bentuk suatu barang menjadi barang lain (Abdullah, 1992: 4: 38).

Produksi Makanan

Produksi Mobil

Produksi adalah suatu proses mengubah input menjadi output sihingga nilai barang tersebut bertambah. Input dapat berupa terdiri dari barang atau jasa yang digunakan dalam proses produksi, dan output adalah barang atau jasa yang di hasilkan dari suatu proses produksi. sedangkan menurut, sukanto dan indriy, Produksi merupakan pusat pelaksanaan kegiatan konkrit mengadakan barang-barang dan jasa-jasa. Tanpa kegiatan ini kosonglah arti suatu badan usahaProduksi adalah suatu kegiatan yang mengubah input menjadi output. Kegiatan tersebut dalam ekonomi biasa di nyatakan dalam fungsi produk, Fungsi produk menunjukkan jumiah maksimum output yang dapat dihasilkan dari pemakaian sejumlah input dengan menggunakan teknogi tertentu. sedangkan menurut Ari sudarman, Produksi sering didefenisikan sebagai penciptaan guna, dimana guna bararti kemampuan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Misalnya, seorang petani berusaha menghasilkan padi atau beras melalui usaha bertani. Hal itu di klasifikasikan produksi dalam pengertian sempit. Jika jumlah padi atau beras yang dihasilkan di tempat petani tersebut berlimpah bila dibandingkan dengan keperluan komsumsinya maka beras atau padi tersebut nilai atau faedahnya akan rendah. Kemudian, para pedagang berusaha membawa limpahan beras tersebut ke tempat baru yang memiliki nilai faedah yang lebih tinggi. Untuk aktivitas yang terakhir ini dapat digolongkan produksi dalam arti luas.

Suara aktivitas produksi tidak akan berjalan tanpa melalui proses produksi. Sebab sesuatu produksi tidaklah terjadi dengan tiba-tiba, melainkan melalui tahapan suatu proses yang cukup panjang. Proses produksi adalah suatu proses atau kegiatan untuk memproleh alat-alat pemuas kebutuhan, baik secara langsung. Jadi, tujuan pokok dari produksi adalah untuk konsumsi. Bila jarak produsen dengan konsumen berjauhan  maka diperlukan adanya usaha-usaha untuk menyampaikannya kepada konsumen. Usaha-usaha untuk menyampaikan barang-barang dari produsen ke konsumen tersebut dinamakan proses "distribusi" (Abdullah, 1992: 4;38).

Terdapat empat macam faktor produksi, yakni alam, tenaga kerja, modal, skill dan keterampilan.
  1. Faktor alam, mencakup tanah dan keadaan iklim, kekayaan hutan, kekayaan kandungan tanah (mineral), kekayaan air sebagai air sebagai sumber penggerak transportasi, dan sumber pengairan dalam pertanian.
  2. Faktor tenaga kerja, yaitu peranan manusia dalam proses produksi.
  3. Faktor modal, yaitu semua barang yang dihasilkan dan dipergunakan dalam produksi untuk masa depan. Barang-barang tersebut terkadang disebut sebagai barang-barang produksi atau investasi maupun barang modal, seperti mesin, gedung dan instalasi pabrik.
  4. Faktor skill atau keterampilan, yaitu beberapa jenis kecakapan atau keterampilan khusus yang diperlukan dalam proses produksi ekonomi. Adapun cakupan skills yang dimaksud meliputi managerial skill, technological skills dan organizational skills (Abdullah, 1992: 41).


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.29

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Produksi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top