Pengertian Mikoriza

Pengertian Mikoriza - Mikoriza merupakan bentuk simbiosis antara jamur dan akar tumbuhan tingkat tinggi. Misalnya, hubungan antara jamur dan akar tumbuhan pinus. Pada akar pinus ditemukan banyak jenis jamur berbentuk paying. Dalam bentuk hubungan ini, jamur memperoleh zat makanan berupa zat organic dari tumbuhan pinus, sedangkan tumbuhan pinus memperoleh mineral dan air dari jamur.


Mikoriza

Mikoriza

Tumbuhan yang hidup dengan mikoriza biasanya lebih tahan terhadap kekeringan dan terlindung dari infeksi jamur lain yang membahayakan. Adapun jamur yang sering bersimbiosis dengan akar tumbuhan biasanya berasal dari kelompok jamur zigospora, jamur kantong, dan jamur gada.

Mikoriza merupakan gejala umum pada perakaran tumbuhan. Sekitar 90% suku tumbuhan (mencakup sekitar 80% spesies tumbuhan) memiliki asosiasi simbiotik ini. Catatan fosil menunjukkan asosiasi ini telah ada sejak Zaman Karbon. Nama "mikoriza" adalah serapan dari istilah bahasa Inggris, mycorrhiza, yang juga bentukan dari dua kata bahasa Yunani Kuna: μύκης mýkēs, "jamur", dan ῥίζα rhiza ‚"akar".

Mikoriza sangat penting untuk nutrisi mineral dari banyak tanaman karena hifa benang jamur dapat memanfaatkan tanah lebih luas daripada akar tanaman, dan dengan demikian asosiasi mikoriza sangat meningkatkan penyerapan mineral dan air. Biasanya, mikoriza memasok mineral jamur untuk tanaman inang mereka, yang membalas dengan menyediakan karbohidrat untuk rekan jamur mereka, tetapi ada beberapa pengecualian. Pada anggrek, dan beberapa tanaman bebas klorofil-dalam urutan Ericales, aliran karbon dibalik, dan jamur mikoriza memasok tanaman dengan karbon organik yang berasal dari materi tanaman mati atau dari tetangga tanaman yang hidup.

Hampir semua tanaman pertanian akarnya terinfeksi cendawan mikoriza. Gramineae dan Leguminosa umumnya bermikoriza. Jagung merupakan contoh tanaman yang terinfeksi hebat oleh mikoriza. Tanaman pertanian yang telah dilaporkan terinfeksi mikoriza vesikular-arbuskular adalah kedelai, barley, bawang, kacang tunggak, nenas, padi gogo, pepaya, selada, singkong dan sorgum. Tanaman perkebunan yang telah dilaporkan akarnya terinfeksi mikoriza adalah tebu, teh, tembakau, palem, kopi, karet, kapas, jeruk, kakao, apel dan anggur (Rahmawati, 2003).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.01

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Mikoriza yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top