Pengertian Mamalia

Pengertian Mamalia - Mamalia termasuk ke dalam kelas Mammalia (bahasaa Latin, mamma = dada, puting susu) yang terdiri atas 4.500 spesies. Mamalia mulai berkembang pada era Mesozoik, tetapi sebenarnya telah ada sejak periode Jurasik (hamper bersamaan dengan dinosaurus pertama). 

Orang Utan adalah hewan mamalia

Kangguru adalah Mamalia berplasenta ( Placentalia )

Mamalia pertama berukuran sangat kecil hampir seukuran tikus kecil. Pada saat bumi didominasi oleh dinosaurus (selama 165 juta tahun), mamalia merupakan kelompok minoritas. Bentuk mamalia awal tersebut saat ini dapat diwakili oleh monotremata (misalnya, platypus) dan marsupial (misalnya kanguru).

Tengkorak mamalia pendukung perkembangan otak yang lebih baik. Perbandingan ukuran otak terhadap badan lebih besar dibandingkan reptile. Berbagai jenis gigi manusia terletak berdampingan, misalnya gigi geraham depan dan belakang. Mamalia memiliki struktur tulang belakang sangat berbeda. Pada bagian pertengahan tulang  belakang terdapat lengkungan yang memungkinan hewan tersebut dapat bergerak lebih efektif di daratan. Karakteristik utama mamalia adalah adanya rambut dan susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu (kelenjar mammae).

Cairan susu yang dihasilkan mamalia umumnya mengandung air, karbohidrat (khusus gula laktosa), lemak, protein, mineral, dan antibody. Mamalia termasuk hewan homeoterm (berdarah panas), seperti halnya burung. Banyak bentuk adaptasi mamalia berhubungan dengan pengaturan suhu. Misalnya, rambut dapat menghambat hilangnya panas dari tubuh sehingga dapat tetap aktif di cuaca dingin. Seperti halnya burung, mamalia memiliki system respirasi yang efisien sehingga dapat menjamin suplai oksigen ke otot. Mamalia juga memiliki system peredaran ganda dengan jantung beruang empat.

Mamalia sangat berperan dalam kehidupan manusia  karena dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Akan tetapi, beberapa mamalia ada juga yang mendatangkan kerugian. Beberapa manfaat mamalia yaitu sebagai sumber bahan makanan dan minuman; sebagai sumber bahan baku sandang dan kerajinan; sebagai alat transportasi sederhana; membantu memberantas hama tanaman dan memetik hasil tanaman (kelapa); membantu pihak kepolisian dalam menangkap masalah kriminalitas; membantu dunia pendidikan dan sains (sebagai hewan percobaan); dan memberikan hiburan. Dan beberapa kerugian akibat mamalia yaitu sebagai vector dari beberapa penyakit; mengganggu tanaman; dan mengganggu ternak.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.08

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Mamalia yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top