Pengertian Filum Porifera


Pengertian Filum Porifera - Porifera berasal dari kata porus (lubang-lubang kecil). Jadi, Porifera adalah kelompok hewan yang memiliki pori. Porifera merupakan hewan metazoa paling sederhana. Tubuh terdiri atas banyak sel. Bentuk tubuhnya seperti tabung atau jambangan yang berpori dan di dalamnya terdapat rongga tubuh. Rongga tubuh tersebut disebut spongosol.

Filum Porifera

Filum Porifera

Porifera biasanya hidup di laut, mulai dari daerah perairan pantai yang dangkal hingga daerah berkedalaman 5,5 km. Tubuhnya melekat pada dasar laut dan tidak dapat berpindah tempat (sesil). Porifera dianggap sebagai kelompok hewan multiselular primitive. Dikatakan demikian karena struktur tubuhnya memiliki dua lapisan sel (diploblastic), yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan luar (ectoderm) disusun oleh sel-sel epidermis, sedangkan lapisan dalam (endoderm atau gastroderm) disusun ole sel-sel koanosit yang berflagel. Di antara kedua lapisan tersebut terdapat bahan gelatin yang disebut mesoglea. Di dalam mesoglea terdapat bermacam-macam sel.

Makanan Porifera berupa plankton atau bahan organic yang masuk bersama aliran air melewati pori. Porifera tidak memiliki system saluran pencernaan makanan. Sistem pencernaannya berlangsung secara intraselular. Makanan masuk ke dalam sel leher (koanosit). Di dalam sel tersebut berlangsung proses pencernaan makanan. Selanjutnya, zat makanan di edarkan oleh sel-sel ameboid ke zeluruh tubuh.

Porifera memiliki system saluran air mulai dari pori tubuh atau ostium dan berakhir pada lubang keluar yang disebut oskulum. Saluran air tersebut berfungsi sebagai alat melewatkan bahan makanan dari luar ke dalam tubuh dan zat-zat sisa metabolism ke luar tubuh.

Porifera dapat melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual dilakukan dengan membentuk tunas (budding). Tunas akan memisahkan diri dari tubuh induknya dan tumbuhan menjadi individu baru. Selain itu, ada juga yang menempel pada tubuh induk sehingga tampak seperti koloni Porifera. Reproduksi secara seksual berlangsung melalui pertemuan ovum dan spermatozoid. Kedua sel gamet tersebut berkembang dari sel arkeosit. Pembuahan ovum oleh spermatozoid membentuk zigot yang terjadi di mesoglea. Zigot akan tumbuh membentuk larva bersilia, disebut amfiblastula. Selanjutnya, larva tersebut akan keluar sehingga tubuh Porifera melalui oskulum dan berenang mencari lingkungan yang sesuai sehingga tumbuh menjadi Porifera dewasa.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.22

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Filum Porifera yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top