Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pengertian Simbiosis Mutualisme - Simbiosis mutualisme, (Latin, mutuus = penukaran) merupakan bentuk interaksi yang menyebabkan kedua spesies sama-sama mendapat keuntungan. Berbeda dengan protokooperasi, interaksi mutualisme ini sangat penting bagi kelangsungan hidup dan perkembangbiakan kedua spesies yang terlibat. Interaksi mutualisme kadang-kadang disebut juga simbiosis obligat.

Kupu-kupu dengan bunga adalah simbiosis mutualisme

Simbiosis Mutualisme

Contohnya adalah pada proses penyerbukan bunga (polinasi). Pada beberapa bunga, proses penyerbukannya dapat berlangsung oleh bantuan oleh beberapa serangga khusus, burung, kelelawar. Demikian juga bentuk interaksi antar semut dan tumbuhan Acasia di daerah tropis. Kedua spesies tersebut mendapatkan keuntungan. Interaksi antara hewan dan protista dapat dilihat pada kayu mati yang mengandung rayap. Rayap adalah serangga yang makan kayu. Rayap tidak dapat mencerna kayu. Rayap tidak dapat menggunakan kayu sebagai energinya bila tidak ada protista yang hidup di dalam usus rayap. Protista dapat mencerna kayu sehingga rayap dapat menggunakan kayu sebagai sumber energinya. Protista mempunyai rumah di dalam usus rayap dan menggunakan kayu untuk sumber energinya.Manusia dapat melaksanakan simbiosis mutualisme dengan organisme lainnya. Contohnya bakteri yang hidup di usus manusia. Bakteri membentuk vitamin B12 bagi manusia, yang menyediakan makanan dan rumah bagi bakteri.

Contoh simbiosis mutualisme lainnya adalah hubungan antara alga dan juga ganggang jenis tertentu dimana interaksi keduanya menghasilkan likenes. Contoh lainnya adalah hubungan antara Protozoa Mixotricha paradoxa dengan jenis rayap bernama Mastotermes darwiniensis dimana keduanya saling untung. Di banyak artikel, kita kadang menjumpai pola hubungan antara ikan remora dan ikan hiu dikategorikan sebagai simbiosis mutualisme padahal sebenarnya hanya ikan remora yang diuntungkan. Diketahui bahwa ikan kecil tersebut suka mengekor dan berenang di dekat ikan hiu sebab ia mengkonsumsi sisa makanan ikan hiu. Keberadaan ikan remora tidak menguntungkan ikan hiu tetapi juga tidak merugikan baginya. Dengan demikian, ia tidak tepat dimasukkan sebagai contoh simbiosis mutualisme dimana keuntungan kedua pihak merupakan poin utama. Jenis bakteri Rhizobium (memperoleh makanan) yang hidup dalam akar tumbuhan kacang-kacangan (mendapat nitrogen yg diikat oleh rhizobium sp.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 08.02

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Simbiosis Mutualisme yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top