Kamis, 30 April 2015

Pengertian Dongeng Biasa

| Kamis, 30 April 2015
Pengertian Dongeng Biasa - Dongeng biasa adalah jenis dongeng yang di tokohi manusia dan biasanya adalah kisa suka duka seseorang. Di Indoneisa dongeng biasa yang populer adalah yang bertipe Cinderella yaitu seserang wanita yang tidak ada harapan. Dongeng biasa yang bertipe cinderella ini bersifat universal karena tersebut ke segala penjuru dunia. Ada beberapa dongeng biasa yang bertipe cinderella di Indonesia misalnya dongeng Ande-Ande lumut, dan Si Melati dan Si Kecubung di Jawa Tengah dan Jawa Timur Bawang Merah dan Bawang Putih di Jakarta I Kesuna Ian I Bawang di Bali.

Cinderella

Bawang Merah dan Bawang Putih
Motif-motif dalam dongeng Ande-Ande Lumut memiliki kesamaan dengan cerita Cinderella, misalnya ibu tiri yang kejam tokoh wanita yang disiksa oleh ibu dan kakak-kakak tirinya, penolong gaib, bertemu dengan pangeran, pembuktian identitas, menikah dengan pangeran.

Selain tokoh dongeng tipe Cinderella yang berjenis wanita, ada pula yang berjenis laki-laki. Tokoh yang demikian di temukan di Skandinavia dengan nama Askeladen yang berarti putra Abu. Contoh dongeng semacam itu banyak di Indonesia. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur misalnya di kenal dongeng Joko Kendil. Di Bali ada beberapa, antara lain dongeng tentang seorang yang bertubuh sebelah, seperti dongeng: I Mrereng (Si Bandel), I Rare Sigaran (Si Sebelah). Motif cerita orang separuh ini bersifat universal karena selain ada di Indonesia ada juga di Cina, India, di negara-negara Afrika dan sebagainya.

Dongeng biasa lainnya di Indonesia yang memiliki penyebaran yang luas adalah yang bertipe adalah Oedipus yaitu tentang perkawinan sumbang antara seorang laki-laki dan ibu kandungnya dan pembunuhan ayah oleh putra kandungnya secara tidak segaja. Di Indonesia dongeng yang setipe dengan Oedipus yaitu dongeng Sangkuriang atau disebut juga Legenda Terjadinya Gunung Tangkubang Perahu dari Jawa Barat. Di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali terdapat mite Prabu Watu Gunung dan dari Nanga Serawai Kalimantan Barat terdapat dongeng Bujang Munang. Keadaan demikian wajar, sebab sejarah bangsa Indonesia sejak dahulu kala memang bersentuhan dengan peradaban-peradaban besar seperti Hindu, Islam, Cina dan Ero-Amerika.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar