Pengertian Legenda Keagamaan

Pengertian Legenda Keagamaan - Legenda keagamaan adalah legenda yang orang-orang yang dianggap suci atau saleh. Cerita-cerita tersebut dikenal sebagai hagiografi (legent of the saint) yang berarti cerita mengenai orang-orang suci. Karya semacam itu termasuk folklor karena versi asalnya masih tetap hidup dikalangan masyarakat sebagai tradisi lisan.

Legenda Wali Songo

Lengenda Pohon Sasaki

Di Jawa hagiografi menceritakan riwayat hidup para wali penyebar Islam pada masa yang paling awal. Salah satu contohnya adalah legenda Wali Sembilan (Wali Songo) mereka adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunang Bonang, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.

Selain sembilan wali tersebut, di Jawa masih banyak wali-wali lain. Legenda tentang mereka mudah dikenali sebab makam-makamnya di Ziarahi pada peringatan kematiannya (haul) yang disebut keramat atau punden. Para juru kunci itu pada umumnya, dapat menceritakan orang sucinya D. A. Rinkes dalam bukunya berjudul De Heiliegen van Java (Orang-orang saleh dari Jawa) menyebutkan beberapa wali lain diantaranya Syeh Abdulmuhyi Syeh Siti Jenar, Sunan Geseng, Ki Pandang Arang, dan Pangeran Panggung.

Di desa Pemlaten, dekat Cirebon Jawa Barat, ada sebuah makam keramat yang menurut penduduk setempat adalah makam Syeh Siti Jenar. Menurut legenda, Syeh Siti Jenar di hukum mati dalam sebuah sidang para wali. Ia dianggap menyebarkan ajaran karma manunggalan tuhan dengan manusia yang menyesatkan. 

Di agama Shinto di Jepang, alam merupakan sesuatu yang disucikan. Untuk dapat berhubungan dengan alam artinya dapat berdekatan dengan Tuhan. Objek alam dipuja sebagai roh suci (disebut kami). Terutama pohon Sakaki atau memiliki bahasa latin Cleyera japonica ini.

Pohon sakaki adalah pohon rimbun dengan daun hijau yang ditemukan di dalam mitologi, literatur dan ritual sakral di Jepang. Saat musim semi, pohon Sakaki mengeluarkan wewangian dengan bunga putih yang berguguran diikuti dengan munculnya buah berbentuk kecil merah tua. Pohon ini tumbuh di bagian bersuhu hangat di Jepang, Korea maupun Cina.

Kojiki (kitab kuno) adalah catatan yang sangat bernilai bagi agama Shinto dan diperkirakan berasal dari abad ke-8. Berdasarkan tulisan dan referensi lain dari mitologi Jepang, pohon Sakaki memiliki peran yang signifikan di kisah penciptaan Jepang. Pada jaman dahulu hidup pasangan suci bernama Izanagi dan Isanami yang membuat pulau Jepang dan anak-anak mereka menjadi dewa-dewa di berbagai klan orang Jepang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 22.21

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Legenda Keagamaan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top