Pengertian Pangkreas

Pengertian Pangkreas - Pengertian pangkreas adalah kelenjar berwarna keputihan, terbentuk dari usus dua belas jari, dan terletak dipermukaan bawah lambung. Sel kelenjar dalam pangkreas menghasilkan getah pangkreas yang akan masuk ke duodenun melalui saluran pangkreas. Getah pangkreas mengandung zat-zat:
  • natrium bikarbonat, berfungsi menetralkan keasaman isi usus;
  • amilase, berfungsi menghidrolisis peti menjadi maltosa dan glukosa;
  • lipase, berfungsi menghidrolisis lemak menjadi campuran asam lemak dan monogliserida;
  • tripsin dan kimotripsin, berfungsi memecah molekul protein;
  • peptidase, berfungsi membantu hidrolisis peptida menjadi asam amino;
  • nuklease, berfungsi menghidrolisis asam nukleat (RNA dan DNA) menjadi komponen nukleotida.
  • Pankreas

    Pankreas
Getah pankreas disekresikan di bawah pengaruh hormon. Jika isi lambung yang bersifat asam masuk ke dalam duodenum, sel-sel tertentu pada duodenun akan melepas hormon sekretin dan hormon kolesistokinin ke dalam darah. Jika hormon sekretin sampai di pankreas, akan merangsang produksi dan pelepasan getah pankreas, sedangkan hormon kolesistokinin merangsang empedu untuk mengeluarkan bilus. Bilus mengandung garam empedu dan bilirubin (zat warna empedu) yang dapat mengamulsikan lemak. 

Pankreas adalah kelenjar yang berukuran sekitar enam inci, yang terletak pada perut. Pankreas berbentuk seperti buah pir datar dan dikelilingi oleh lambung, usus kecil, hati, limpa dan kandung empedu. Bagian ujung pankreas melebar pada sisi kanan tubuh disebut kepala. Bagian tengah adalah leher dan tubuh. Bagian ujung pankreas yang tipis pada sisi kiri tubuh disebut ekor. Bagian yang membengkok adalah bagian dari kelenjar yang membungkuk ke belakang dan bawah kepala pankreas. Dua pembuluh darah yang sangat penting, arteri mesenterika superior dan vena mesenterika superior, menyeberang di belakang leher pankreas dan di depan bagian yang membengkok.

Pankreas memproduksi hormon dalam ‘endokrin’ sel. Sel-sel ini berkumpul dalam kelompok yang dikenal sebagai pulau Langerhans dan memantau apa yang terjadi di dalam darah. Mereka kemudian dapat melepaskan hormon langsung ke dalam darah bila diperlukan. Secara khusus, mereka merasakan ketika gula (glukosa) tingkat dalam darah meningkat, dan segera setelah ini terjadi sel memproduksi hormon, khususnya insulin. Insulin kemudian membantu tubuh untuk menurunkan kadar glukosa darah dan ‘toko’ gula jauh lemak, otot, hati dan jaringan tubuh lainnya di mana dapat digunakan untuk energi bila diperlukan.

Pankreas ini sangat dekat dengan perut. Begitu makanan dimakan, rilis pankreas pencernaan enzim dalam usus untuk memecah makanan turun. Sebagai makanan dicerna, dan tingkat gizi dalam darah meningkat, pankreas memproduksi insulin untuk membantu tubuh menyimpan glukosa (energi) pergi. Antara waktu makan, pankreas tidak memproduksi insulin dan ini memungkinkan tubuh untuk secara bertahap melepaskan toko energi kembali ke dalam darah karena mereka dibutuhkan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.57

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pangkreas yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top