Tulang Belakang

Tulang Belakang - Tulang belakang berada di bagian tengah tubuh yang berfungsi untuk menopang seluruh tubuh, melindungi organ dalam tubuh, serta merupakan tempat pelekatan tulang rusuk. Setiap segmen atau ruas tulang belakang dapat bergerak sedikit. Seluruh gerakan tiap segmen dapat digabung sehingga memungkinkan orang untuk membungkukkan tubuh.

Tulang Belakang

Tulang Belakang

Tulang Belakang

Tulang belakang terdiri dari 26 ruas yang terdiri dari 24 ruas tulang belakang, yaitu 7 ruas tulang leher (vertebrata servikalis), 12 ruas tulang punggung (vertebrata dorsalis), dan 5 ruas tulang pinggang (vertebrata lumbalis), serta tulang kelangkang dan tulang ekor. Tulang leher paling atas yang berhubungan dengan tempurung kepala disebut tulang atlas. Tulang kelangkang (sakrum) merupakan fusi dari lima segmen tulang belakang, sedangkan tulang ekor (koksi) merupakan fusi dari empat segmen terakhir tulang belakang.

Sumsum tulang belakang adalah tali putih kemilau yang berbentuk tabung dari dasar otak yang menuju ke tulang belakang. Sumsum tulang belakang juga disebut dengan tali spinal. Pada irisan melintangnya, tampak dua bagian-bagian pada sumsum tulang belakang, yakni bagian luar yang tampak berwarna putih dan bagian dalam yang tampak abu-abu yang berbentuk kupu-kupu. Bagian luat pada sumsum tulang belakang berwarna putih, karena tersusun oleh akson dan dendrit yang diselubungi mielin. Sedangkan pada bagian dalam sumsum tulang belakang adalah berwarna abu-abu yang tersusun oleh badan sel yang tak diselubungi mielin dari interneuron dan neuron motorik.

Tulang belakang merujuk kepada susunan ruas tulang di bagian belakang yang bertindak memberi sokongan kepada tubuh untuk berada dalam keadaan tegak. Ia merupakan susunan ketulan tulang yang membentuk tulang belakang yang terdapat pada semua vertebrat. Tulang belakang terbentuk dari serangkaian tulang yang disebut segmen (vertebrae), diantara segmen-segmen tersebut terdapat sendi dan bantalan yang terdiri dari lapisan berstruktur

Struktur dan Fungsi Tulang Belakang (Vertebrae) yaituHal ini disebabkan antara lain karena memiliki tulang belakang. Tulang belakang ini bersifat kuat tetapi lentur. Mengapa demikian? Ini disebabkan karena tulang belakang bertugas menopang hampir dua pertiga dari berat badan. Di sisi lain tulang belakang harus melakukan banyak pergerakan tubuh, antara lain memutar kepala dan sebagainya. Tulang belakang ini juga berfungsi untuk melindungi saraf-saraf tulang belakang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 15.09

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Tulang Belakang yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top