Pengertian Dakwah

Pengertian Dakwah - Menurut bahasa Arab, dakwah berasal dari kata da’a-yad’u-da’watan yang artinya mengajak atau menyeru. Menurut istilah, dakwah yaitu mengajak manusia untuk mengikuti kebenaran berdasarkan Al Quran dan hadis sebagai sumber ajaran agama Islam agar manusia memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat. 

Dakwah itu Cinta

Berdakwah

Berdakwah lewat iklan

Dengan arti ini, jelas bahwa dakwah memang memiliki cakupan yang luas atau tidak hanya ceramah agama. Demikian pula pelakunya, tidak hanya kyai, ustaz, dan para sarjana, namun menjadi kewajiban semua umat Islam. Menyeru dan mengajak kepada kebaikan bias dilakukan oleh siapapun dengan caranya masing-masing. Seorang dokter, seniman, ibu rumah tangga, insinyur, pedagang, pegawai, pejabat, guru, dan lain sebagainya bias berdakwah pada profesinya.


  1. . Drs. Shalahuddin Sanusi. ”Dakwah itu adalah usaha mengubah keadaan yang negatif menjadi keadaan yang positif, memperjuangkan yang ma’ruf atas yang munkar, memenangkan yang hak atas yang batil’’.
  2. H. Timur Djaelani, M.A. ’’Dakwah ialah menyeru kepada manusia untuk berbuat baik dan menjauhi yang buruk sebagai pangkal tolak kekuatan mengubah masyarakat dan keadaan yang kurang baik kepada keadaan yang lebih baik sehingga merupakan suatu pembinaan”.
  3. Prof. H.M. Thoha Yahya Omar. ’’Dakwah ialah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.’’
  4. Prof. A. Hasymi. ’’Dakwah islamiah yaitu mengajak orang untuk menyakini dan mengamalkan aqidah dan syariah islamiah yang terdahulu telah diyakini dan diamalkan oleh pendakwah sendiri.’’
  5. Dr. Abdul Karim Zaidan. ’’Dakwah ialah panggilan ke jalan Allah.’’ Dakwah adalah kegiatan untuk mengajak dan menyeru manusia kepada Islam, agar manusia memperoleh jalan hidup yang baik, diridhoi oleh Allah sehingga hidup dan kehidupannya selama berada di dunia dan akhirat kelak, karena hakikat dari pada kehidupan dunia adalah penghantar untuk kehidupan akhirat yang abadi.
hadist tentang Dakwah : salah satu hadist yang saya ambil tentang berdakwah adalah sebagai beruikut :
" sampaikanlah dariku walaupun satu ayat" dari hadist diatas Rasulullah SAW berpesan kepada kita agar menyampaikan kebaikan kepada orang lain walaupun hanya sepenggal kalimat yang mengajak kepada kebaikan sesuai dengan Al-quran dan Hadist.

ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang dakwah dan perintah dakwah diantaranya sebagai berikut:
an-nahl ayat 125
ali-imran ayat 104
ali imran ayat 110
al-ahzab ayat 21
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12.26

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Dakwah yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top