Pengertian Tenaga Eksogen

Pengertian Tenaga Eksogen - Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga ini mengubah atau merusak bentuk-bentuk lapisan kulit bumi yang telah dibangun oleh tenaga endogen. Pembentukan relief muka bumi oleh tenaga eksogen akan melalui tiga tahap sebagai berikut yaitu pelapukan (Weathering), Pengikisan (Erosion), Masswasting dan Pengendapan (Sedimentation).

Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga Eksogen
Permukaan bumi akan selalu mengalami proses erosi, di suatu tempat akan terjadi pengikisan sementara di tempat lainnya akan terjadi penimbunan, sehingga bentuknya akan selalu berubah sepanjang masa. Peristiwa ini terjadi secara alamiah dan dan berlangsung secara lambat, sehingga akibat yang ditimbulkan baru muncul setelah berpuluh bahkan berates tahun kemudian.

Di permukaan laut, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme. Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya gravitasi Bumi. Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.

Tenaga Eksogen, menurut beberapa ahli tentang pengertian tenaga eksogen, menyatakan bahwa pengertian tenaga eksogen adalah semua kekuatan dari luar bumi yang turut berpengaruh terhadap permukaan bumi. Tenaga Eksogen memiliki dampak bagi manusia dan kehidupan lainnya, dampak-dampak tenaga eksogen mengakibatkan dampak positif dan dampak negatif tenaga eksogen atau menguntungkan dan merugikan dari tenaga eksogen. Sumber kekuatan tersebut adalah sinar matahari, air, aingin, dan gletser, yang membantu dalam proses terjadinya atau terbentuknya tenaga eksogen karna sumber-sumber kekuatan tersebut.

Di permukaan laut, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme. Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya gravitasi bumi. Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11.33

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tenaga Eksogen yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top