Pengertian Tata Surya

Pengertian Tata Surya - Tata surya sering disebut Sistem Matahari (The Solar System), Kerajaan Matahari (The Kindom of The Sun) atau Keluarga Matahari (The Sun and Its Family). Tata surya merupakan suatu system yang terdiri dari Matahari, planet-planet, dan berbagai benda langit seperti satelit, komet, dan asteroid. Planet-planet berevolusi mengelilingi Matahari dengan orbit (garis edar) yang berbentuk elips. Beberapa planet mempunyai satelit. Satelit itu berputar mengelilingi planet dan bersama planet mengelilingi Matahari. Jadi tata surya merupakan system rotasi yang berpusat pada matahari. 

Tata Surya

Tata Surya
Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

 Lima planet terdekat ke matahari selain Bumi (Merkurius, Venus, Mars, Yupiter dan Saturnus) telah dikenal sejak zaman dahulu, karena mereka semua bisa dilihat dengan mata telanjang. Banyak bangsa di dunia ini memiliki nama sendiri untuk masing-masing planet.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengamatan pada lima abad lalu membawa manusia untuk memahami benda-benda langit terbebas dari selubung mitologi. Galileo Galilei (1564-1642) dengan teleskop refraktornya mampu menjadikan mata manusia “lebih tajam” dalam mengamati benda langit yang tidak bisa diamati dengan mata telanjang.

Berdasarkan jarak dari Matahari, delapan planet dari tata surya adalah bahwa Merkurius 57,9 juta km, Venus 108 juta km, Bumi 150 juta km, Mars 228 juta km, Jupiter 779 juta kilometer , Saturnus 1.430 juta km, Uranus 2.880 juta km, dan Neptunus 4.500 juta km. Sejak pertengahan 2008, ada lima obyek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil.

Orbit planet kerdil, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Planet kerdil Ceres kelima adalah 415 juta km Dalam sabuk asteroid;. Sebelumnya diklasifikasikan sebagai planet kelima, Pluto 5.906 juta km. Sebelumnya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan, Haumea 6.450km, Makemake 6.850 juta km, dan Eris 10.100 juta km.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11.47

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tata Surya yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top